27 Feb 2019

Tingkatkan Kepedulian Dengan Citarum, Telkom University Gelar Lomba Perahu Karet

BANDUNG, Telkom University –  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ASTACALA Telkom University bersama dengan Satgas Sektor 7 Sungai Citarum menggelar lomba perahu karet dan kayak yang berlangsung di Sektor 7 Sungai Citarum Desa Sukamukti, Kecamatan Rancamanyar, Kabupaten Bandung, Minggu (24/2).

Ivan Yohannes selaku ketua pelaksana kegiatan menerangkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat setempat terhadap Sungai Citarum, dimana sungai ini harus bisa menjadi tempat rekreasi dan olahraga air selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan Telkom University terhadap program citarum harum.

“Lewat kegiatan ini, kita mengajak masyarakat untuk menjadikan Sungai Citarum sebagai wahana bermain, sehingga masyarakat akan lebih awas jika sungai tercemar”. Terangnya.

Ivan menambahkan selama satu bulan kebelakang tim nya secara rutin menggelar pelatihan untuk mengarungi sungai citarum.

“Pelatihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan masyarakat dalam mengikuti lomba serta edukasi masyarakat agar mampu melakukan pengarungan secara aman dan mandiri pascakegiatan.” Ucapnya.

Para peserta dalam lomba ini diantaranya adalah mahasiswa dari UKM Dayung UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), karang taruna setempat, dan warga sekitar. Selain perlombaan Dalam kegiatan ini, turut dilakukan peresmian instalasi air bersih dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R).

Selain itu, Telkom University juga menghibahkan kayak kepada warga setempat agar dapat digunakan sebagai sarana bermain di sungai.

Acara ini dibuka oleh Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Besar Tri Soewandono Turut hadir pula perwakilan pemerintah Provinsi Jawa Barat, perwakilan pemerintah Kota Bandung, serta perwakilan Kapolda Jabar.