31 May 2018

Ular Tangga Reborn, Permainan Edukatif Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Buatan Mahasiswa Telkom University

BANDUNG, TELKOM UNIVERSITY – Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan sebuah aset berharga saat ini, sekelompok mahasiswa Telkom University pada Rabu (30/5) melakukan sebuah Program Kreatif Mahasiswa (PKM) berjudul Ular Tangga Reborn di sebuah SMP di Kota Bandung.

Ular Tangga Reborn digagas oleh 3 mahasiswa Telkom University, yaitu Ervina Dianawati (Ilmu Komunikasi 2016), Ahmad Mumtaz (Teknik Telekomunikasi 2014), dan Musniyah Ayunita Muzakkir (Ilmu Komunikasi 2016). Di bimbing oleh Dosen Fakuktas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Cut Irna.

Cut Irna menjelaskan bahwa PKM Ular Tangga Reborn ini adalah sebuah Permainan Ular Tangga Edukatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Terbuka Gading Regency.

“Kita ingin para siswa SMP Terbuka setelah mereka lulus dari sini bisa berkomunikasi dengan baik. Mampu menyampaikan pendapat dan gagasan yang mereka punya dengan lebih lugas.” Ungkapnya.

Saat ini kegiatan edukasi dilakukan di SMP Terbuka Gading Regency, Kota Bandung yang berlangsung dari Rabu (30/5) hingga Jumat (1/6). Tidak menutup kemungkinan kedepannya akan lebih banyak sekolah lain yang merasakan keseruan bermain Ular Tangga Reborn ini.

Teknisnya, para siswa akan diberikan sebuah papan ular tangga dan dadu raksasa. Di setiap kotak, peserta akan menghadapi rintangan edukasi. Misalnya, ada kotak-kotak tertentu yang mengharuskan siswa mempraktekan gerakan shalat, menyebutkan butir pancasila, dan kain sebagainya. Metode bermain sambil belajar ini di yakini lebih ‘nempel’ bagi para siswa SMP.