17 Jun 2015

#21Hulu17Hilir: Dari Harmoney Hingga Nyi Anteh

BANDUNG, TEL-U – ?#?21Hulu17Hilir memamerkan 17 karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif (FIK) Telkom University (Tel-U). Pameran berlangsung di aula gedung Sebatik (FIK), Senin (15/6).

Menurut dosen pembina DKV FIK Tel-U, Teddy Hendiawan, S.Ds.,M.Sn, karya merupakan hasil tugas akhir yang dipersembahkan oleh 21 mahasiswa DKV peminatan Multimedia. Karya tersebut meliputi film, animasi, game, dan multimedia.

Beberapa karya di pameran ?#?21Hulu17Hilir mengangkat tema Indonesia. Di antaranya film dokumenter Harmoney dan karakter animasi Nyi Anteh.

“Film dokumenter Harmoney mengungkap adanya alih fungsi lahan pesawahan ke properti di Subak Bali. Dalam film ini juga menceritakan bagaimana petani di Subak mempertahankan lahannya,” kata Imade Wahyu Sastra Adi, mahasiswa DKV sekaligus sutradara film Harmoney. Baginya, peran sutradara sangat penting dalam melakukan proses produksi film. Mulai dari tahap riset lokasi, lalu melakukan treatment film dan syuting. Dirinya pun harus mengawal proses pembuatan film dari awal hingga penyuntingan film.

Mahasiswa DKV Tel-U, Dimas Eggi membuat karakter animasi 3D Nyi Anteh pada pameran ini. Ia terinspirasi dari dongeng Nyi Anteh Penunggu Bulan. Kemudian ia mulai membuat konsep seni dan karakter yang lebih modern. Setelah itu Dimas membuat perancangan 3 dimensinya mulai dari modeling, texturing, skinning, rigging dan animasi.

“Melalui karakter Nyi Anteh, saya ingin memperkenalkan pada anak-anak tentang cerita rakyat Sunda. Dongeng kini mulai dilupakan oleh anak-anak. Oleh karenanya perlu media informasi yang menarik untuk melestarikan cerita rakyat Nyi Anteh yaitu dengan animasi 3D,” kata Dimas.

Selain Harmoney dan Animasi 3D Nyi Anteh, karya lainnya yang dipamerkan yaitu game Kerapan Sapi, film animasi Astana Arthakara, Karakter 3D game Biosa, film Makna Islam Dibalik Tari Topeng, game Panaek Godang, film Arah, film Samar, gae Gamelan Jawa, game Dani dan Kawan-kawan, game interaktif AJISAKA, game Horas Gale, Visual Story Hah?Malware, karakter animasi 3D si Kancil, karakter game dr.Zoffi dan game Manarah. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply