02 Nov 2015

Alicia Montoya, Mahasiswi Venezuela Pecinta Batik Indonesia

BANDUNG, TEL-U – Wajah Alicia Montoya terlihat berseri-seri. Mahasiswi International Program Studi Kriya Tekstil & Mode Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) ini terus memasang senyum saat menerima piala Juara 2 Lomba Draperi “Jabar Ngagaya” 2015 yang digelar di pelataran Gedung Sate, Sabtu (25/10).

Senyum itu pula yang terus menghiasi bibirnya saat dia mampir ke Gedung Bangkit akhir pekan lalu. Sambil duduk santai, dia bercerita tentang hobi dan kecintaannya terhadap batik Indonesia.

Mahasiswa asing program internasional ini merupakan salah seorang mahasiswi berbakat di negara asalnya, Venezuela. Kecintaan terhadap dunia kerajinan tangan atau handycraft membuatnya mendapat predikat sebagai desainer muda pada kompetisi mendesain busana dengan batik pada satu tahun silam.

Dalam hal mendesain busana, Alicia sangat menyukai sekali jenis kain khas Indonesia itu. Bahkan, selama mendapatkan binaan di Kedutaan Besar RI untuk Caracas, Venezuela, Alicia merupakan salah seorang anggota dari Klub Pencinta Batik (Club Canthing). “Aku suka batik baik dari segi motif, warna hingga nilai filosofi yang terkandung dari setiap kainnya,” katanya.

Kecintaan ini pula yang mendorongnya ikut berpartisipasi dalam acara Jabar Ngagaya 2015. Penerima beasiswa dari Kedutaan RI untuk Venezuela ini mencoba untuk ikut meramaikan puncak perayaan hari ulang tahun ke-70 Jawa Barat yang bertempat di Gedung Sate Bandung itu.

Tanpa disangka, gadis yang baru dua bulan tinggal di Indonesia ini berhasil menjadi juara 2 pada kategori Draping Competition, yaitu seni membentuk kain tanpa menggunakan jahitan. Maka dia memboyong pulang sebuah piala dan uang Rp 5 juta.

Kini, setelah meraih prestasi itu, langkah Alicia tak akan terhenti dan terus mencari pengalaman baru. Rencananya, pecinta tempe ini akan menghabiskan akhir tahun 2015 dengan mengunjungi beberapa kota di Indonesia antara lain Makassar, Sulawesi Selatan dan Denpasar, Bali. Gadis yang tinggal di Asrama Tel-U ini akan menghabiskan waktu di Indonesia hingga bulan Juni 2016. (purel/BRR)

Previous Article Next Article

Leave a Reply