15 May 2015

Anggota Muda Astacala Sukses Jelajahi Gunung Butak Hingga Kawi

BANDUNG, TEL-U – Tepat pukul 14.30 WIB, Kamis (7/5), tim Astacala muda Telkom University (Tel-U) berhasil menginjakkan kaki di pos pendakian gunung Butak (2.868 Mdpl), melalui jalur Perkebunan Teh Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Saat itu merupakan titik akhir perjalanan tim setelah satu minggu melakukan perjalanan. Tim beranggotakan enam mahasiswa Tel-U yaitu Arief Naibaho (IF 2012), Epo Ilham Aji Prasetyo (Elektro 2011), Dhiky Wahyu Santoso (Elektro 2011), M. Nuruzzamaniridha (TT 2012), Ryan Aminullah (TT 2013) dan Samuel Aditya (TT 2013).

“Perjalanan ini merupakan perjalanan wajib Astacala sebagai tahapan akhir dari rangkaian masa bimbingan pendidikan lanjut Anggota Muda (AM) Astacala,” kata Arief, Selasa (12/5).

Menurut Arief, perjalanan wajib ini bertuan agar anggota muda mampu menerapkan kemampuannya setelah memperoleh bimbingan di Astacala. Kemampuan tersebut meliputi navigasi darat, manajemen perjalanan, gunung hutan, dan pembuatan video documenter yang digunakan saat mendaki melalui jalur Keraton Gn. Kawi yang berada di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.

“Jalur ini adalah jalur terberat dan terpanjang untuk mencapai puncak Gn. Butak dibandingkan dua jalur lainnya. Dibutuhkan sekurang-kurangnya 12 Jam untuk mencapai puncak dengan perjalanan normal karena jalur yang dilalui melewati jalan setapak terjal dan beberapa puncakan salah satunya puncak Gn. Pitrang (2.593Mdpl),” papar Arif

Arif menambahkan, peserta perjalanan wajib Astacala sendiri menghabiskan waktu 4 hari 3 malam untuk mendaki gunung tersebut dan berhasil melakukan summit pada Rabu (6/5) pukul 05.30 WIB. Mereka kemudian kembali bermalam di padang sabana gunung Butak untuk menyelesaikan pembuatan video documenter mengenai keindahan alam di sekitar sabana seluas ±50Ha tersebut, baru kemudian melakukan perjalanan turun menuju Sirah Kencong pada keesokan harinya.

“Hasil akhir dari perjalanan wajib Astacala ini adalah sebuah video dokumenter mengenai Objek Desa Wisata Ritual gunung Kawi dan Pendakian gunung Butak,” kata Arif. Pun, hasil perjalanan ini akan menjadi bagian dari buku penjelajahan tim Astacala.

Dengan mengusung tema ‘Step into the Unknown’ tim angkatan muda Astacala tidak hanya melakukan pendakian gunung Butak, mereka juga melakukan studi lapangan mengenai sosial budaya dan sejarah Desa Wisata Ritual Gunung Kawi yang berada di kaki gunung Butak Desa Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply