05 Apr 2016

Ayo Tingkatkan Kualitas Lulusan Tepat Waktu!

BANDUNG, TEL-U –Rektor Telkom University (Tel-U) Prof Ir Mochamad Ashari, MEng, PhD mengajak para dosen untuk membantu institusi dalam meningkatkan kualitas lulusan tepat waktu tanpa mengurangi kualitas mahasiswa. Imbauan ini disampaikan Rektor di hadapan peserta workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadakan oleh Bagian Pengembangan Pembelajaran (BPP) di Aula Gedung Serbaguna (GSG), Senin (4/4).

“Saya berharap agar pada kurikulum 2016 ini bapak ibu peserta bisa membawa perubahan dan meningkatkan kualitas Tel-U di masa yang akan datang,” katanya.

Menurut Rektor, pada akhir 2013 lalu tingkat kelulusan tepat waktu mencapai 35 persen tapi sekarang sudah mencapai 48 persen. Dengan kata lain, Tel-U sudah semakin meningkatkan capaian kelulusan tepat waktu. “Karena tingkat kelulusan tepat waktu itu berpengaruh terhadap masyarakat menilai institusi ini,” kata Rektor.

Sementara itu, Manajer BPP, Dr Majidah menjelaskan ada 2 poin yang terdapat dalam Permenristekdikti No 44 Tahun 2015. Pertama, sesuai standar kompetensi lulusan yang mengacu pada KKNI, rumusan capaian pembelajaran (CP) digunakan sebagai acuan untuk pengembangan isi, proses dan penilaian pembelajaran. Kedua masa studi maksimal program diploma adalah 5 tahun dan program sarjana 7 tahun.

Workshop yang dihadiri oleh 74 dosen Tel-U ini menghadirkan pembicara Dr Robinson Situmorang, MPd. Menurutnya, tujuan dan karakteristik PTK adalah membawa perbaikan. “Karakteristik dari PTK adalah bersifat situasional dan fleksibel, karena itu tujuan dari PTK adalah melakukan modifikasi dan perubahan ke arah yang lebih baik” ucapnya. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply