09 Mar 2017

Bayu Erfianto Berhasil Meraih Gelar Doktor dengan Kajian Sistem Multi Agen

Bandung, Telkom University – Dosen Fakultas Informatika (FIF) Telkom University, Dr. Bayu Erfianto, S.Si., M.Sc, berhasil meraih gelar Doktor di bidang Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung pada Jumat (3/3/17). Bayu meraih gelar Doktor dengan disertasi berjudul “Flocking Protocol Design with Connectivity Preserving in Multi Agent System”.

“Terdapat dua isu yang dibahas dalam disertasi ini. Isu pertama adalah bagaimana membangun sebuah protokol kerumunan yang stabil dengan melibatkan tiga aturan heuristik, yaitu kohesi, separasi, dan penyelarasan kecepatan dengan tujuan untuk mempertahankan konektivitas komunikasi” Bayu menjelaskan.

Bayu mengungkapkan bahwa penelitian ini dibuat agar setiap agen yang dikendalian selalu dalam kontrol penuh dan tidak bertabrakan dengan agen lainnya. “Protokol kerumunan yang stabil berarti bahwa agen-agen terbebas dari tabrakan, dapat menghindari hambatan, dan semua agen dapat mencapai posisi tujuan yang telah ditentukan, serta komunikasi nirkabel dapat selalu dijaga. Simulasi dan eksperimen sederhana telah dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan bahwa rancangan protokol kendali tersebut dapat bekerja pada lingkungan nyata.” ungkapnya ketika di wawancarai di Ruang Dosen Fakultas Informatika.

“Untuk saya pribadi berharap agar Telkom University lebih aktif untuk mengembangkan apa yang sudah saya buat (desain). Sehingga kedepannya bisa kerjasama dengan institusi lain untuk  secara aktif terlibat. Hal ini juga langkah untuk mendukung pengembangan penelitian robotic di telkom university.” tutup Bayu.

Abdullah Adnan

Previous Article Next Article

Leave a Reply