01 Oct 2014

Biopori, Aksi Mahasiswa untuk Lingkungan

BANDUNG, TEL – U – Puluhan Mahasiswa Telkom University (Tel-U) menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan aksi pembuatan lubang biopori di lingkungan asrama putri Telkom University, Minggu (28/9). Kegiatan ini digagas oleh BEM FT Tel-U bekerja sama dengan komunitas “Go Green Generation” (3G).

Menurut Ketua BEM FT, Nugroho Ibnu, tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah kawasan di sekitar kampus kebanjiran, apalagi musim hujan sebentar lagi tiba. Selain itu ia juga mengajak seluruh mahasiswa Tel-U untuk turun tangan menjaga dan merawat lingkungan di sekitar kampus.

“Tentunya bertujuan untuk mencegah banjir, apalagi bulan Oktober sudah mulai musim hujan. Kami pun mengajak mahasiswa agar tidak terjebak dalam rutinitas perkuliahan. Ada waktunya untuk turun tangan, perduli dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitar,” kata Ibnu yang juga mahasiswa Teknik Informatika ini.

Aksi peduli lingkungan itu didukung pula oleh pihak kampus melalui Direktorat Kemahasiswaan yang memberikan dukungan dalam bentuk sejumlah uang. Selanjutnya BEM FT mengelola uang tersebut untuk dibelikan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat lubang biopori.

Ibnu menambahkan, dari hasil tersebut BEM FT mendapatkan lima buah alat bor tanah, 50 paralon biopori dan bahan-bahan lain yang digunakan untuk pembuatan lubang biopori ini. Ia menargetkan dalam dua minggu 50 titik bipori tertanam di lingkungan kampus Telkom Unviersity.

“Target kami dalam dua minggu ada lima puluh biopori yang sudah jadi. Mengingat Bulan Oktober juga sudah mulai UTS jadi kami kejar sebelum itu,”katanya. (Purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply