Branding Potensi Kota Bandung, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Tel-U Gelar Urban Village 2024: SANDYAKALA

Branding Potensi Kota Bandung Mahasiswa Ilmu Komunikasi Tel U Gelar Urban Village 2024 SANDYAKALA

Bandung, 30 Mei 2024 – Mahasiswa Telkom University (Tel-U) program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2021 kembali menggelar event tahunan, yaitu Festival Urban Village yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Tel-U pada Kamis (30/5). Urban Village merupakan acara tahunan dari program studi Ilmu Komunikasi sebagai wujud pengimplementasian pada beberapa mata kuliah seperti Brand Activation, Integrated Marketing communicatiom (IMC), Manajemen Event, serta Marketing Public Relation yang saling terintegrasi. 

Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya yang sekaligus meresmikan Urban Village 2024. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasinya terhadap mahasiswa-mahasiswi yang telahberkontribusi dalam proses acara Urban Village ini.

“Saya bangga, khususnya kepada mahasiswa Marketing Communication dari FKB yang menggelar Urban Village ini, yang bisa membuat langkah pemasaran untuk menonjolkan potensi-potensi yang ada di Kota Bandung menjadi menarik dan menjangkau khalayak lebih luas. Ini adalah salah satu value yang luar biasa, karena saya paham prosesnya sangat panjang. Bekal ini akan bermanfaat tentunya saat rekan-rekan turun ke masyarakat.” Ungkap Adiwijaya.

Dekan FKB, Ade Irma Susanty, M.M., Ph.D., pada sambutannya menyampaikan bahwa di Urban Village Sandyakala ini terdapat 8 kelas yang tentunya menciptakan branding potensi kota Bandung yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya yakni: Karasa Bandung sebagai kota kuliner, Historoman sebagai kota sejarah, Bandung Serenade yang membranding spot-spot foto kota Bandung, Loja sebagai kota UMKM, Bandung Ngamumule sebagai kota Musik, Ageung sebagai kota Metropolitan, Senjaya sebagai kota seni dan karya, dan Majangdara yang membranding Bandung dari potensi tari Benjang dan Bandrek.

Seusai sambutan, acara pun diawali dengan Runway Contest yang dilakukan dengan parade maskot dari masing-masing kelas. Dengan gemasnya, maskot-maskot itu berjalan, melambaikan tangan, serta memberikan pose di hadapan audiens yang tengah menyaksikan mereka di dalam Gedung Serba Guna Tel-U. 

Sementara itu, Dhafhi Hafiz selaku ketua panitia Urban Village Sandyakala menyampaikan rasa terima kasih dan laporan akan konsep acara serta proses-proses yang telah dijalani oleh mahasiswa-mahasiswi Marketing Communication FKB. 

“Urban Village tahun ini dinamakan Sandyakala dikarenakan arti dari Sandyakala itu sendiri yang merupakan sebuah guratan merah pada senja di langit cakrawala. Senja merupakan saat ternyaman untuk pulang, dan waktu ternyaman untuk bercengkrama. Dengan demikian pula, ia berharap bahwa Urban Village tahun 2024 nantinya akan menciptakan branding kota Bandung menjadi kota yang nyaman dan kota impian yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, maupun manca negara. Alasan kami memilih kota Bandung tak lain dan tak bukan adalah karena Bandung memiliki banyak Potensi yang beragam di dalamnya.” jelas Hafiz.

Urban Village Sandyakala 2024 didasari oleh semangat Spirit, Collaboration, dan Action. Dengan ini, mahasiswa dapat menciptakan semangat untuk masyarakat akan terdorongnya development city dari kota Bandung dengan berkolaborasi. Selain menggali kreativitas mahasiswa, program ini juga ditujukkan untuk menggali dan mengembangkan potensi dari kota Bandung. 

Penulis: Dinda | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *