27 Jun 2019

BTP Talk: Tel-U Menuju Ademic Entrereneurship

Bandung, Telkom University – Bandung Techno Park sebagai pusat inkubasi inovasi startup yang terletak di kawasan pendidikan Telkom University menggelar BTP Talk dengan mengangkat tema Academic ntrepreneurship pada Kamis (27/5) di Aula Gd. C, Bandung Techno Park.

Dana Sulistyo Kusumo, Ph.D, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Bandung Techno Park menyampaikan bahwa pada tahun 2023 Tel-U memiliki target menjadi perguruan tinggi berbasis entrepreneurial University dan novasi.

“Bukan tanpa alasan hari ini kita membahas mengenai Academic entrepreneurship, melihat target tersebut menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh sivitas akademika untuk ikut andil menciptakan warga akademik yang memiliki semangat berinovasi juga berjiwa entrepreneur” ungkap Dana.

Pada acara sharing session ini, BTP mengundang seorang pembicara yaitu wan wut Tritoasmoro, ST., MT. Beliau memaparkan materi tentang bagaimana sivitas akademika Peruguran Tinggi Membangun Kesejahteraan Lewat novasi.

Salah satunya mengenai komersialisasi hasil riset secara berkelanjutan, wan mengungkapkan ada beberapa jalur yang bisa dimanfaatkan sivitas akademika. Pertama yaitu memberlakukan lisensi pada hasil riset pada perusahaan besar/mapan. Kedua ada Spin-ff, yaitu membangun perusahaan baru yang diprakarsai oleh sivitas akademika. Terakhir ada adopsi teknologi secara publik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dari tiga jalur diatas, menciptakan usaha baru merupakan metode paling efektif daripada lisensi tradisional. Karena dunia saat ini tertarik pada translasi dari teknologi hasil riset perguruan tinggi ke arah economic development melalui entrepreneurship. Lagi pula, Spin-off dan Startup perguruan tinggi telah menjadi fenomena globa” jelas Iwan.

Spin-off University sendiri merupakan perusahaan baru yang dibangun atas prakarsa sivitas akademika (dosen, staf, atau mahasiswa) yang memanfaatkan intelektual property (K) atas hasil-hasil penelitian dan pengembangan dari perguruan tinggi terkait. al ini lah yang diharapkan lahir di Tel-U pada masa mendatang.

Previous Article Next Article

Leave a Reply