04 Nov 2016

Canan Animation Juara 2 Kategori Animasi Gemastik 9

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa Telkom University (Tel-U) yang tergabung di dalam Tim Canan Animation berhasil meraih Juara 2 Kategori Animasi pada event Gemastik 9 yang diadakan di Universitas Indonesia (UI) pada 27 – 29 Oktober 2016 lalu. Tim yang terdiri dari empat orang mahasiswa Disain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Industri Kreatif ini meraih prestasi melalui karya animasi berjudul “Ilmu Sang Perantau”.

Mengangkat tema “Enabling Smart Society through ICT” Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pemanfaatannya di Indonesia.

Event tahunan sejak 2007 di bawah Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Pendidikan Tinggi (DIKTI) ini merupakan media penyalur kreativitas mahasiswa dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional.

Pada Gemastik 9 ini ada 10 kategori yang diperlombakan yaitu Pemograman, Pengembangan Aplikasi Permainan, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Design User Experience, Pengembangan Bisnis TIK dan e-government.

Menurut Eko, salah satu anggota tim, animasi yang mereka buat menceritakan seorang pemuda yang kembali ke desa dan melihat masalah di desanya yakni serangan hama tikus yang terjadi di sawah para petani. Melihat kejadian tersebut sang pemuda memiliki ide untuk memperkenalkan internet kepada para petani guna memudahkan petani menanggulangi masalah hama tersebut dan dapat berinovasi serta mampu menciptakan peralatan pertanian sendiri.

“Sebenarnya ide tersebut terinspirasi waktu saya pulang kampung ke Sukoharjo Jawa Tengah, dan melihat sawah disana masih saja terserang hama tikus. Dalam animasi ini kami sampaikan ada seorang pemuda yang ingin membuat petani di desanya lebih cerdas dan mandiri, yang menurut kami pas untuk tema gemastik tahun ini,” katanya.

Sesuai tema besar yang diangkat pada Gemastik 9 yakni Enabling Smart Society through ICT, Eko mengatakan bahwa pesan yang terkandung dalam animasi tersebut adalah untuk mencerdaskan dan memberikan keterbukaan terhadap warga desa tentang dunia teknologi.

Dari ide itulah mereka kemudian melakukan persiapan sekitar tiga bulan mulai dari pengerjaan, gambar, dubbing, hingga post production. Upaya mereka membuahkan hasil. Dari 11 peserta yang mengikuti kategori Animasi, tim Canan Animation berhasil meraih Juara 2. Tel-U sendiri menurunkan dua tim dalam kategori ini. (PR/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply