23 Dec 2013

D3 Teknik Telekomunikasi Tel-U Kenalkan Sistem Komunikasi Optik kepada Siswa-Siswi SMK UT PGII

BANDUNG TEL-U – Siswa-siswi SMK UT PGII  Jurusan Teknik Jaringan Akses mengikuti perkuliahan Pengenalan Sistem Komunikasi  Optik di Fakultas Teknik kampus Telkom University, Senin (23/12/2013). Perkuliahan kali ini merupakan  salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University.

Sistem komunikasi serat optik merupakan suatu sistem  komunikasi yang menggunakan kabel serat optik sebagai  media transmisinya. Kabel serat optik  dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas besar  pada tingkat keandalan yang tinggi. Berbeda dengan media transmisi serat optik lainnya. Perkuliahan  dipandu oleh dosen Fakultas Teknik Telkom University di yaitu Hasanah Putri, Refri Suharsono, Yuyun Siti, Deni Darlis, Afief Dias, Erna Sri Sugesti, dan Ahmad Hambali.

Selain mengikuti perkuliahan, siswa-siswi juga dilatih bagaimana menyambungkan kabel serat optik dengan menggunakan fussion splicer,  melakukan pengukuran dengan Optical Time Domain Reflectometer, serta melakukan pengukuran daya yang hilang akibat bembengkokan pada serat optik. KOMPRO TEL-U/Risca

Previous Article Next Article

Leave a Reply