07 Aug 2015

Dosen Adbis Ajak Warga Membuat Biopori dan Kompos

BANDUNG, TEL-U –Lima orang dosen dari Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi (Prodi Adbis FKB) mengajak warga Desa Buah Batu, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung untuk membuat biopori dan kompos. Ajakan ini mereka wujudkan dalam sebuah pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Senin (3/8).

Tim dosen ini diketuai oleh Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, SE., MM, dan beranggotakan Dra. Ai Lili Yulianti, MM., Hadi Akbar Muqarrabin Dinul Islam, SE., MBA., Dr. Ida Nurnida, dan Putu Nina Madiawati, ST., MT., MM.

Menurut Dr. Ida Nurnida, kegiatan merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian dosen Adbis, terhadap masyarakat sekitar kampus, dan juga keadaan lingkungan Tel-U. “Semoga pelatihan ini bisa memicu minat masyarakat untuk menjadikan pengolahan sampah rumah tangga menjadi pupuk kompos sebagai bentuk usaha baru bagi masyarakat,” katanya.

Ida menambahkan, pelatihan pengolahan sampah dan pembuatan biopori ini akan berlangsung hingga September mendatang. Sebagai pelengkap, tim dosen juga menghadirkan praktisi lingkungan, Ir. Sobirin Supardiyono, yang sudah berpengalaman, untuk berbagi dengan peserta.

Menurut Ketua Pelaksana, Arlin Ferlina Mochamad Trenggana, SE., MM, animo masyarakat di lingkungan Tel-U terhadap kegiatan ini begitu tinggi. Buktinya, banyaknya warga yang hadir dalam acara, bahkan melebihi target. “Kami menargetkan jumlah peserta 50 orang, tetapi masyarakat yang hadir ternyata melebihi target,” ujarnya.

Pada akhir Agustus nanti, tim dosen akan melakukan pengecekan terhadap praktik pembuatan biopori dan pengolahan kompos ini. “Sehingga kami bisa tahu bagaimana respon dan hasil dari apa yang dikerjakan oleh peserta,” katanya. (purel/radit)

Previous Article Next Article

Leave a Reply