27 Jun 2014

Dosen Fakultas Elektro Kenalkan Edmodo dan Team Viewer Pada SMK Daarut Tauhid

BANDUNG, TEL – U – Tim Dosen Fakultas Teknik Elektro Telkom University memberikan pelatihan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan aplikasi learning manajemen sistem dan media teleconference kepada guru dan siswa SMK Daarut Tauhid Bandung. Pelatihan yang diselenggarakan pada Kamis – Jumat (12-13/6) merupakan kegiatan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

Pada pelatihan ini, tidak kurang dari 30 orang guru dan 52 orang siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) yang terlibat aktif selama kegiatan berlangsung.

Menurut Ketua Kegiatan, Irma Safitri, ST., MIT, melalui kegiatan ini dosen Fakultas Teknik Elektro ingin memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat terutama di bidang pembelajaran dalam pemanfaatan Information dan Communications Technology (ICT). “Karena kegiatan pembelajaran yang ada biasanya hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional,” katanya.

Ungkapan Irma itu memang cukup beralasan, di mana SMK Daarut Tauhid yang baru meluluskan 3 angkatan ini terbiasa menggunakan metode pembelajaran konvensional. “Metode PJJ yang kita berikan satu line dengan pelajaran yang ada di jurusan TKJ SMK Daarut Tauhid” ujar dosen FTE, Hilman Fauzi TSP, ST.,MT mengenai alasan pemilihan lokasi Pengabdian Masyarakat.

Dosen lain, Erfansyah, ST.,MT, mengatakan Edmodo merupakan aplikasi yang menarik bagi guru dan siswa dengan tampilan yang menyerupai Facebook, tapi sesungguhnya ini merupakan aplikasi edukasi berbasis jejaring sosial. Edmodo juga menyediakan beberapa fitur untuk mendukung e-learning seperti penugasan, kuis dan penilaian.

Selain itu, kata Erfansyah, Edmodo menyediakan alat-alat media sosial untuk guru dan siswa, memungkinkan mereka untuk berbagi catatan, link, dan file yang dapat disimpan dan mudah diakses. “Edmodo sebagai platform konten pembelajaran jarak jauh dipilih karena platform ini lebih sederhana, efektif, dan bersifat universal yang dapat digunakan oleh siswa Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi” ujarnya.

Pemilihan software Tim Viewer sebagai media teleconference yang diperkenalkan karena telah teruji digunakan selama dua tahun di Pascasarjana Fakultas Teknik Elektro Tel-U. Team Viewer adalah salah satu aplikasi yang termasuk dalam Cloud Computing yang berarti dua atau lebih perangkat dapat berinteraksi pada jarak yang jauh dengan menggunakan akses internet sebagai penghubungnya.

Team Viewer memungkinkan untuk kedua komputer dapat melakukan file transfer, chating, dan melakukan video call. Dapat saling berinteraksi secara real time menggunakan fasilitas tersebut antara guru dan siswa. Tidak hanya dapat diakses di PC tapi dapat diakses pula di android.

Tanggapan positif mengalir dari para peserta karena pelatihan ini dianggap hal yang baru bagi mereka dan semua aplikasi dapat digunakan secara gratis oleh user yang membutuhkannya. Bahkan para peserta meminta pelatihan tambahan dan dilakukan secara rutin untuk tiap semester, karena mereka merasakan pemanfaatan teknologi ICT untuk pengembangan media pembelajarannya. (purel/FTE/ Ramdi)

Previous Article Next Article

Leave a Reply