11 Jan 2017

Dosen FIT Latih Ibu-Ibu PKK Manfaatkan Internet Secara Bijak

BANDUNG, TEL-U – Sejumlah dosen Program Studi D3 Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan Telkom University (FIT Tel-U) menyelenggarakan pengabdian masyarakat (Abdimas) kepada Ibu-Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung dan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Jawa Barat. Abdimas yang berlangsung sejak tanggal 9 – 11 Januari 2016 itu bertempat di gedung FIT Tel-U.

Menurut ketua pelaksana abdimas Wawa Wikusna, ST, M Kom, abdimas ini bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pengolahan data serta proses penyampaian informasi yang sebelumnya konvensional menjadi digital.

“Pada hari pertama akan diajarkan bagaimana membuat asesoris dilanjutkan dengan bagaimana memasarkannya melalui media social pada hari kedua, lalu hari ketiga akan diberikan pembelajaran bagaimana memanfaatkan internet secara bijak,” ujarnya.

Sedangkan peserta dari BPTPH diberikan pengetahuan tentang pemanfaatan blog guna memudahkan pihak BPTPH dalam menyebarkan informasi, membuat media digital guna membudahkan penyuluhan dengan cara yang efektif, serta bagaimana mengolah data menjadi laporan guna memudahkan pelaporan data dari desa ke provinsi.

“Jadi mereka kami support untuk meningkatkan efektifitas kerja tentang bagaimana penyuluhan di bidang pertanian khususnya tentang sharing knowledge,” ujarnya.

Selain peserta dari BPTPH dan ibu-ibu PKK, pada hari kedua hadir peserta dari staf Kantor Desa Lengkong dan staf kelembagaan Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang yang akan belajar mengoptimalisasikan MS Word untuk kegiatan administrasi dan surat menyurat serta mengoptimalkan MS Excel untuk pengolahan data kependudukan.

Wawa berharap dengan kegiatan seperti ini tim dosen bisa lebih dekat dengan masyarakat dan lebih tahu masalah apa yang ada di masyarakat sehingga bisa cepat memberikan solusinya. “Peserta pun wawasannya bisa semakin terbuka dalam memanfaatkan teknologi untuk efektifitas kerja,” katanya. (PR/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply