23 Oct 2014

Dosen Tel-U Dorong UKM Sadar TIK

BANDUNG, TEL – U – Sejumlah dosen Fakultas Rekayasa Industri Telkom University (FRI Tel-U) mendukung para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk sadar tentang pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mengembangkan bisnis mereka. Dukungan ini diberikan dengan menggelar workshop digital marketing, Selasa dua pekan lalu.

Workshop itu diselenggarakan oleh salah satu keprofesian di Fakultas Rekayasa Industri – Telkom University, yaitu keprofesian Digital Marketing. Penyelenggaraan workshop ini merupakan bentuk kerjasama Telkom University dengan pemerintah Kabupaten Bandung, khususnya Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan. Peserta workshop adalah UKM lokal binaan dari dinas tersebut.

Hadir sebagai pemateri dalam workshop tersebut para dosen FRI antara lain Dr.Yati Rohayati, Taufik Nur Adi, S,Kom.MT, dan Y. Adam Prasetyo, ST, MT. Mereka memaparkan pentingnya sadar teknologi informasi, khususnya bagi pengelola UKM.

Menurut para pemateri, perkembangan teknologi informasi demikian pesat sehingga terciptanya sebuah dunia baru yaitu dunia maya. Dunia maya itu menjadi tempat masyarakat dunia berkumpul, dan berkumpulnya banyak orang adalah peluang usaha.

UKM yang berpartisipasi dalam acara ini diharapkan dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk peningkatan usaha mereka. Salah satu contoh dari pemanfaatan teknologi informasi adalah membuat akun media sosial sebagai wahana komunikasi usaha kepada pelanggan. Komunikasi tersebut dapat berbentuk pembelian, saran, maupun pengenalan terhadap calon investor.

Selain pemaparan teori, dilaksanakan juga workshop pembuatan media sosial facebook dan pemanfaatannya. Para instruktur memfasilitasi pengusaha untuk membuat akun medianya sosialnya masng-masing. Pengusaha pun dilatih bagaimana mempromosikan produknya, mulai dari pengambilan gambar produk, bagaimana produk ditampilkan secara baik, pemasangan gambar produk pada media sosial, dan menggunakan gambar tersebut sebagai alat promosi untuk meningkatkan penjualan. (purel FRI/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply