17 Jan 2017

Dua Tim Tel-U Juara di SIMBIZ 2017

BANDUNG, TEL-U – Dua tim mahasiswa Telkom University (Tel-U) berhasil meraih juara pada ajang Simulation Business 2017 (SIMBIZ 2017) yang digelar di Kampus Bina Nusantara (Binus) Internasional University, Jakarta, pada 12-15 Januari lalu.

Acara tahunan yang diadakan oleh Binus International Trading Enterprise (BITE) pada tahun kesembilan ini mengangkat tema “Entrepreneuring Your Way Forward” yang diikuti peserta dari tingkat SMA hingga Universitas.

Dani Aji Pratama, mahasiswa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Tel-U mengatakan, kompetisi SIMBIZ 2017 dibagi ke dalam 3 kategori. Pada hari pertama, peserta ikut Rally Game dimana semua tim akan diberikan pertanyaan seputar pengetahuan umum, manjemen dan matematika. Hari kedua dilanjutkan dengan kategori lomba Ja Titan Championship yakni lomba simulasi bisnis menggunakan website dan dijalankan secara online.

“Pada Ja Titan kita sebagai CEO dari bisnis yang kita punya diberi enam variabel keputusan yang nantinya menentukan perusahaan kita menang atau tidak,” ucap Dani, Rabu (18/1).

Sedangkan pada hari terakhir seluruh peserta yang sudah mengikuti rally game dan Ja Titan dihitung nilainya, kemudian dipilih 10 besar untuk ikut lomba terakhir yakni Business Plan¸yang mana peserta dituntun untuk menunjukkan sisi kewirausahaan peserta melalui ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Selain itu para peserta juga harus merencanakan setiap aspek bisnis mereka sendiri seperti manajemen, produksi, pemasaran dan distribusi.

“Dari rangkaian lomba tersebut keluar dua kriteria juara, yaitu juara Ja Titan Championship dan juara overall yang merupakan juara umum,” katanya.

Pada SIMBIZ 2017 ini, Tel-U menurunkan enam tim, dan dua di antaranya berhasil meraih juara yakni Tim Inventory yang beranggotakan Imran Maulana dan Muhammad Ridho Firdaus yang mendapat juara 2 overall serta Tim Telkom 5 yakni Dani Aji Pratama dan Adi Putro yang meraih juara 1 Ja Titan Championship.

Dani mengaku terkesan dengan ajang ini karena bisa menambah wawasan serta bertemu teman-teman dari kampus lain untuk sama-sama belajar.

Dia mengimbau mahasiswa lain yang akan mengikuti event seperti ini untuk lebih sering berlatih dan memperluas pengetahuan khususnya dunia bisnis. “Sering-sering juga latihan Ja Titan serta siapkan bisnis plan sebanyak dan sekreatif mungkin,” katanya.(PR/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply