10 Aug 2016

Dunia Pendidikan Harus Mampu Menjawab Tantangan Global

BANDUNG, TEL-U – Dunia pendidikan di Indonesia harus mampu menjawab tantangan global baik dunia kerja ataupun tantangan global dalam mengatasi isu-isu dunia. Karena itu peran kampus dalam dunia pendidikan harus mampu membantu mahasiswanya dalam menghadapi era globalisasi yang dibekali tidak hanya di dalam kepala tetapi juga di jiwanya.

Hal ini disampaikan oleh Staff Ahli Pemberdayaan Sosial dan Budaya Kementrian Luar Negeri RI Niniek Kun Naryathie Siswojo dalam Leaders’s Talk di Gedung Tokong Nanas Lantai 8 Telkom University (Tel-U), Rabu (8/10). Acara bulanan yang diselenggarakan oleh International Class Academic Office (ICAO) ini mengangkat tema “Bringing Local Competitiveness into Global Horizon: Preparing Academia to Contribute Global World”.

Dalam konteks ini, menurut Niniek, kampus Tel-U bisa berkontribusi besar dalam perkembangan pendidikan global serta menciptakan manusia yang mau terus dan terus belajar serta tidak merasa puas dengan capaian yang sudah didapat.

“Tel-U sebagai creative industry harus mampu menciptakan lingkungan yang suportif terhadap perbedaan, keberagaman, dan orang yang berani mencoba, berani kreatif walaupun nantinya mereka jatuh bangun,” ujar mantan duta besar di Ukraina, Armenia dan Georgia itu.

Menurut Ketua Panita Leader’s Talk ke-7, Eka Yuliana, ST, MSM, tema Leader’s Talk kali ini dipilih karena akademisi Tel-U kental dengan Tridarma perguruan tinggi. Di sini, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat harus diterapkan, sehingga dapat berperan aktif dalam dunia pendidikan global,” katanya.

Sementara itu Wakil Rektor 1 (Warek 1) Dr Heroe Wijanto mengapresiasi kehadiran dan kontribusi Niniek terutama dalam membantu Tel-U saat menjalin kerja sama dengan universitas terkemuka di Ukraina beberapa waktu lalu. “Sehingga Tel-U menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang berkerja sama dengan dua universitas terkemuka di Ukraina,” katanya.

Warek 1 juga berharap Leaders Talk dapat terus bertahan untuk memperkaya kearifan lokal sehingga Tel-U dapat bersaing di dunia global. (purel/aw)

Previous Article Next Article

Leave a Reply