21 Nov 2017

Eduphoria, Pesta Edukasi Mahasiswa Telkom University

Bandung, Telkom University – Eduphoria merupakan sebuah acara yang di inisasi oleh Kemahasiswaan Telkom University dan di eksekusi oleh gabungan dari UKM Penalaran yang ada di Telkom University. Berlangsung selama dua hari yaitu 18-19 November bertempat di Gadung Serba Guna Telkom University.

Bertemakan Edukasi, acara ini mengadakan kompetisi menarik yang diikuti oleh sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Bandung. Kompetisi tersebut seperti Debate Competition, Story Telling Competition, dan Spelling Bee.

Di acara ini juga turut hadir Co-Founder Pedals.id yaitu Andrew Ryan yang memaparkan materi tentang bagaimana cara merintis sebuah start up berjudul “Innovation Business”.

Ryan mengungkapkan bahwa dalam membangun bisnis atau startup, berlandaskan permasalahan pribadi belum tentu mewakili masalah sosial yang nyata. Perlu adanya tes pasar.

“Validasi market sangat penting, dapat digunakan dengan melakukan tes pasar dengan menyediakan MVP (Minimum Viable Product) kepada pasar langsung seperti teman terdekat” ungkapnya.

Meski profit memang penting, menurut Ryan penjualan bukan hal utama. Menurutnya jalur distribusi dan serapan pasar adalah hal yang perlu di prioritaskan.

“Coba tes market dari yang paling kecil dulu, gak perlu muluk-muluk. Sukses di ceruk pasar bisa membantu produk kita dikenal sama pasar luar.” ungkap Ryan.

Untuk membangun sebuah bisnis/startup yang sukses, diperlukan partner yang ahli sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing.

“Menemukan tim ideal bagi produk/jasa seperti orang yang ahli di bidangnya seperti product builder, sales builder, dan brand builder.” tutupnya.

Previous Article Next Article

Leave a Reply