23 Mar 2015

Ekspansi Bisnis, Telkom Indonesia Gunakan Pendekatan Universal

BANDUNG TEL-U – Tak hanya fokus di pasar dalam negeri, Telkom Indonesia (Telin) kini tengah memperkuat jaringan bisnisnya di luar negeri salah satunya Malaysia. Pada kuliah umum Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Telkom University, CEO Telin Malaysia Oki Wiranto mengungkapkan, Telin menggunakan pendekatan universal untuk menjalankan ekspansi bisnisnya.

“Dalam menjalankan bisnis di Malaysia, Telkom melakukan pendekatan universal di Malaysia. Jika membawa nilai-nilai khas Indonesia tentu tidak sesuai. Tidak semua nilai-nilai kultur Indonesia bisa diterima di sana. Tak hanya itu, rasa nasionalisme masyarakat Malaysia terhadap negaranya itu pun menjadi tantangan dalam melakukan ekspansi bisnis. Oleh karena itu, nilai universal penting dikedepankan dalam melakukan ekspansi bisnis,” kata Oki, Jumat (20/3).

Metode ekspansi internasional Telin, kata Oki, punya konsep mengikuti masyarakat, trafic dan network. “Ekspansi internasional Telin mempunyai 5 portfolio bisnis yakni mobile alliances, borderless-T, data center, DiCo, dan IT Solution,” kata Oki. Ia pun menyebutkan, Malaysia sangat potensial dengan diaspora masyarakat Indonesia di Malaysia. Bisnis MVNO Telin di Malaysia difokuskan untuk melayani komunitas Indonesia di Malaysia. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply