22 May 2016

Empat Tim Mahasiswa Tel-U Dominasi SIMBIZ 2016

BANDUNG, TEL-U – Empat tim mahasiswa Telkom University (Tel-U) mendominasi kejuaraan Simulation Business 2016 (SIMBIZ 2016) yang digelar di Kampus Bina Nusantara (Binus) Internasional University, Jakarta, pada 13-15 Mei lalu.

Mereka adalah Tim I Love Bandung dengan anggota Muh. Reza Saputra (MBTI/FEB 2012), dan Imran Maulana (MBTI/FEB 2013) yang meraih juara 2, Tim Telkom 1 dengan anggota Fadly Aprianto (MBTI/FEB 2012) dan  Dani Aji Pratama (Teknik Industri/FRI 2012) mendapat juara 3, tim Telkom 4 dengan anggota Uzamah Arrosyid Zain (Teknik Industri/FRI 2014) dan Wibowo Surya Tiyarto (Teknik Industri/FRI 2013) meraih runner up 1, serta Tim Telkom 3 dengan anggota Syahrul Rasyid (MBTI/FEB 2012) dan Made Kevin Bratawisnu (MBTI/FEB 2014) yang meraih runner up 3.

SIMBIZ adalah event nasional yang sudah berjalan sembilan yang dirancang untuk melatih dan memberdayakan generasi muda agar menjadi pengusaha dalam menghadapi dunia di masa depan. Mengangkat tema “Entrepreneuring Your Way Forward”, kompetisi kali ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Rally Games, Ja Titan Business Simulation dan Business Plan Presentation.

Hari pertama kompetisi ini diisi dengan Rally Games. Tiap kelompok yang beranggotakan 2 orang diberikan pertanyaan seputar pengetahunan umum, akutansi, managemen dan matematika.

Hari kedua, peserta dihadapkan kepada kompetisi Ja Titan Business Simulation dengan menggunakan aplikasi business simulation, yaitu simulasi tentang dunia bisnis yang nyata, bagaimana menjalankan, menganalisis situasi bisnis dan untuk membuat keputusan strategis tentang harga, produksi, pemasaran, invesetment modal, dan penelitian serta pengembangan.

Setelah melalui proses penilaian, Dewan Juri menentukan 10 besar hasil akumulasi poin dari hari pertama dan kedua, untuk melanjutkan pada hari ketiga yaitu Business Plan Presentation.Pada kategori ini peserta dituntut untuk menunjukkan sisi kewirausahaan peserta melalui ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif, selain itu para peserta juga harus merencanakan setiap aspek bisnis mereka sendiri seperti manajemen, produksi, pemasaran dan distribusi.

Muh. Reza Saputra selaku Presiden UKM Search sekaligus anggota Tim I Love Bandung merasa bangga dengan pencapaian ini berharap bisa terus mengharumkan nama Tel-U. “Semoga bisa terus ada regenerasi dari UKM Search yang mengharumkan nama Tel-U baik nasional maupun internasional,” katanya. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply