16 Jun 2015

Ezglue, Alat Bantu Memproduksi Sepatu

BANDUNG, TEL-U – Mahasiwa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Industri Telkom University (FRI Tel-U) menciptakan alat bantu yang digunakan dalam produksi sepatu, Ezglue. Ezglue merupakan produk inovasi yang berupa alat-bantu mekanik untuk merekatkan sepatu menggunakan lem.

“Produk ini akan memberikan kemudahan bagi pekerja dalam proses pembuatan sepatu, khusunya pada proses merekatkan sepatu. Mereka tidak perlu lagi menggunakan tangan saat mengaplikasikan lem secara langsung,“ Fachmi Agung Calista, mahasiswa Teknik Industri angkatan 2012, Jumat (12/6).

Menurut Fachmi, Ezglue dilengkapi fitur kuas yang dapat dibongkar pasang pada ujungnya. Sehingga pekerja dapat merasakan dua manfaat sekaligus saat menggunakan Ezglue, mengaplikasikan lem dan sekaligus meratakannya.

“Alasan dibuatnya Ezglue karena melihat potensi UKM Cibaduyut sangat besar. Mereka sering kebanjiran pesanan. Sehingga untuk meningkatkan produktifitas UKM tersebut kami membuatkan alat bantu untuk mempermudah proses produksi sepatu,” kata Fachmi.

Selain mudah, desain alat dibuat ergonomis sehingga aman bagi pengrajin sepatu. “Rencananya, karya ini akan didaftarkan patent dan dikembangkan lagi untuk di produksi masal,” pungkas Fachmi.

Dalam proses perencanaan hingga pembuatan prototype Ezglue, Fachmi tidak sendiri. Ia bersama mahasiswa Teknik Industri angkatan 2012 lainnya yakni Alen Salvo Pratomo, Desty Andryani P, Muhammad Muhaimin, Rizqon Umi Nadra dan Kartikasari. Ezglue juga pernah menorehkan prestasi dalam ajang pernah Industrial Engineering Paper and Action. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply