29 Jul 2016

FIK dan PT JIEP Kembangkan Pusat Industri Kreatif Nasional

BANDUNG, TEL-U –Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) dipercaya untuk mengembangkan fasilitas Pusat Industri Kreatif Nasional (National Creative Industry Center) yang rencananya berlokasi di kawasan Pulo Gadung Jakarta Timur. “Pusat Industri Kreatif ini akan menjadi miniatur dari representasi 13 subsektor industri kreatif yang berkembang di Indonesia,” ujar Dekan FIK, Dr Ir Agus Achmad MT, Jumat (29/7).

Pengembangan National Creative Industry Center ini, menurut Agus, merupakan satu dari tujuh poin yang disepakati antara Tel-U dengan PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) dalam pertemuan Jumat lalu.

Konsepnya, tambah Agus, mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di mana ada seluruh miniatur provinsi disana. Sedangkan Nasional Creative Industry Center berisi perwakilan dari seluruh sektor industri kreatif. “Kami akan sediakan sumber daya manusianya dalam project ini mulai dari kurator hingga senimannya,” ucapnya.

Selain kerjasama pengembangan pusat industri kreatif ini, ada tiga bentuk kerjasama lagi di antara kedua belah pihak yaitu penyelenggaraan pameran bersama, penelitian dan pelatihan bersama, serta pembuatan desain landscape untuk mega proyek PT JIEP.

Agus mengatakan, bagi FIK kerjasama ini mampu menciptakan peluang yang besar bagi para dosen dan mahasiswa untuk melakukan aktualisasi diri atas potensi mereka. “Saya melihat ini merupakan link and match antara pendidikan dan dunia industri, karena PT JIEP akan mendapatkan SDM yang bergerak dalam industri kreatif dari Tel-U,” katanya. (purel/aw)

Previous Article Next Article

Leave a Reply