25 May 2015

Film Karya Mahasiswa FIK Tel-U Raih Juara 1 dan 2 di ASCOPS 2015

BANDUNG, TEL-U – Film karya mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U) berhasil menyabet juara 1 dan 2 pada ajang Art and Sport Competition of Psychology Students (ASCOPS). Kompetisi yang bertema Artsportlidarity ini diselenggarakan oleh BEMF Psikologi Universitas Gunadarma di Sport Center Kampus H Universitas Gunadarma, Kelapa Dua, Depok, 7-12 Mei lalu.

Tim FIK mengirimkan tiga karya film yaitu film Kliwon, Tangga dan Thanks for Freedom. “Dari ketiga film pendek ini, film Kliwon berhasil meraih juara pertama dan film Tangga meraih juara kedua,” kata Muhammad Ridwan Firdaus, mahasiswa Desain Komunikasi Visual Multimedia angkatan 2012, Senin (25/5).

Menurut Ridwan, sesuai dengan tema Artsportlidarity, film mengangkat tema nilai-nilai persahabatan. Sepertihalnya ide cerita dalam film Tangga yang menceritakan tentang seseorang penyandang keterbatasan fisik namun mampu mengatasi persoalan dalam pekerjannya dengan cara bekerjasama.

Ketiga karya film tersebut dibuat di bawah binaan dosen FIK Tel-U, Teddy Hendiawan, S.Ds.,MSn. Teddy menyebutkan, pembuatan film merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Setting Property. Ada tiga jenis film yang dibuat mahasiswa yakni film dokumenter, fiksi dan eksperimental. Sedangkan tiga karya film yang dilombakan semuanya jenis film fiksi.

“Dalam sebuah film fiksi yang terpenting adalah kekuatan narasi. Bagaimana narasi film itu disampaikan dan bagaimana skenarionya membentuk cerita dan pesan. Ide cerita bisa diambil dari novel, puisi, sastra atau lagu. Sedangkan hal penting lainnya adalah teknik pembuatan film itu sendiri. Sekarang teknologi sudah canggih, maka pembuatan film pun bisa lebih bagus,” tutur Teddy.

Teddy menambahkan, industri film di Indonesia sangat prospektif dan masih kekurangan konten. “Tentunya ini menjadi peluang bagi mahasiswa dan penggiat film untuk terus berkreasi membuat film yang berkualitas,” katanya. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply