19 Jul 2016

Film Pendek Karya Anak FIK Ditayangkan di Kanal Film Asia

BANDUNG, TEL-U – Film pendek garapan sutradara Stella Maliangkay mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University (DKV FIK Tel-U) berhasil ditayangkan di website viddsee.com yang berisi tentang film-film pendek di Asia.

Film pendek dengan judul Ruang Renung (A Thoughtful Room) mengangkat cerita tentang grown up psychological dari perempuan, yang dikemas dengan konflik-konflik pemutusan hubungan kerja (PHK) dan perjodohan. “Gadis remaja pada usia tertentu umumnya menjadi lebih ‘denial’ dan ambisius,” ujar Stella.

Ide ruang renung Stella ini dituangkan melalui kolaborasi dengan produser ruang renung sendiri, Dicka Pratama (DKV-13 Multimedia). Garis besarnya nilai-nilai ide cerita adaptasi tentang perjodohan dan PHK tadi. “Ide saya yang PHK, ide Dicka yang Perjodohan, lalu kita kolaborasikan dua ceritanya, jadilah Ruang Renung’,” ucap Stella.

Stella menambahkan, Ruang Renung merupakan hasil pengerjaan tugas mata kuliah Studio 4 yang seharusnya digarap dalam jangka waktu satu semester. ”Tapi karena banyaknya kendala akhirnya kami hanya punya waktu dua minggu sebelum UAS,” katanya.

Menurut Stella, film ini diajukan (submit) ke website viddsee.com bulan Mei lalu. Setelah melalui proses kurasi yang ketat, akhirnya pada 20 Juni diumumkan melalui email kalau film ruang renung lolos kurasi viddsee. “Akhirnya film saya lolos kurasi viddsee dan langsung diberitahukan lewat email dari website developer ke email pribadi saya,” ucapnya.

Stella menambahkan video atau film yang ditampilkan di viddsee.com tidak sembarangan, karena harus melalui proses yang sangat ketat. “Film pendek Indonesia yang ada di kanal ini lebih banyak didominasi oleh film-film kampanye KPK, film karya anak IKJ, dan sutradara yang memang sudah berpengalaman seperti Joko Anwar, Lola Amaria, dan Cut Mini,” ucapnya. (purel/aw)

Previous Article Next Article

Leave a Reply