25 Jun 2020

ICoICT 2020 : Leveraging ICT for Disaster Resilience and Sustainable Development

Telkom University sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia tercermin dari Sivitas Akademika yang terus berbenah diri, baik mahasiswa, tenaga pengajar, maupun alumninya. Berfokus pada bidang Reasearch and Entrepreneurial, Telkom University bersama Universitas Gadjah Mada dan Multimedia University Malaysia menyelenggarakan The 8th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT 2020).

Betempat di Yogyakarta, acara ini juga diselenggarakan secara live melalui aplikasi GoToWebinar pada Rabu (24/06) dan diikuti oleh lebih dari 100 partisipan yang berasal dari berbagai negara. Mengusung tema ‘Leveraging ICT for Disaster Resilience and Sustainable Development’, acara ini bertujuan memberikan kesempatan untuk meningkatkan pertukaran akademis internasional tentang topik terkait ICT dan untuk menyediakan platform bagi para peneliti untuk membahas masalah dan solusi baru.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua ICoICT Dr. Ema Rachmawati. Dalam sambutannya Dr. Ema menyampaikan ucapan terima kasih kepada Telkom University, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Multimedia Malaysia atas dukungannya pada acara ini.

“Saya juga ingin memberikan apresiasi yang luar biasa bagi para author maupun reviewers juga seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi pada ICoICT 2020 ini. Saya ucapkan terima kasih kepada para keynotes dan speakers yang sudah berkontribusi pada bagian terpenting pada program ini,” ucapnya.

Dr. Ema berharap acara ini dapat berlangsung dengan sukses hingga akhir dan dengan diselenggarakannya acara ini dapat menginspirasi para peneliti kedepannya terutama mengenai penggunaan ICT sebagai solusi dalam pembangunan berkelanjutan.

Selanjutnya Prof. Dr. Triyono selaku Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada memberikan sambutannya. Prof. Dr. Triyono menyampaikan acara ini

dapat memberikan kesempatan untuk saling bertukar pengetahuan baru terutama pada bidang ICT melalui dialog interaktif antara partisipan dari berbagai negara

“Saya berharap acara ini akan memberikan nilai positif melalui kolaborasi, jaringan dan pembangunan berkelanjutan di masa yang akan datang. Semoga acara ini bermanfaat bagi para peneliti muda dalam berbagai isu ICT,” ucapnya.

Prof. Ts. Dr. Lau Siong Hoe selaku Dekan Fakultas Informasi dan Teknologi MMU memberikan sambutannya. Prof. Ts. Dr. Lau Siong Hoe menyampaikan bahwa diharapkan konferensi ini akan terus diselenggarakan pada tahun-tahun selanjutnya dengan partisipan yang lebih banyak lagi.

Selanjutnya Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor Telkom University membuka secara resmi acara ICoICT 2020. Prof. Dr. Adiwijaya juga memberikan sambutan pada Opening Ceremonny ICoICT 2020. Beliau menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang membuat acara ini berjalan dengan sukses.

“Acara ini sangat memberikan manfaat dan dampak besar, tidak hanya untuk penelitian ICT di Telkom University dan Indonesia, tetapi juga untuk seluruh dunia. Terima kasih saya ucapkan kepada panitia, reviewers dan seluruh partisipan dalam acara ini,” ucapnya.

Opening Ceremony ditutup dengan penampilan dari Telkom University Choir dan dilanjutkan dengan acara inti yaitu keynote speeches.