24 Aug 2015

ID TALENT BOOTCAMP & CAREER EXPO Professional Competency Development 2015

Program ID Talent Bootcamp – Professional Competency Development merupakan kerjasama antara Epsilon Solusi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University yang bertujuan untuk membangun kompetensi para calon professional muda agar dapat berkontribusi secara nyata untuk industri.

Program ID Talent Bootcamp – Professional Competency Development merupakan rangkaian pengembangan kompetensi yang dikemas secara menyeluruh dalam mempersiapkan para peserta untuk menjadi talenta utama pada perusahaan dan industri. Hal utama dalam menyongsong tantangan Masyarakat Ekonomi Asia 2015; serta mengutip hasil riset Boston Consulting Group 2013 bahwa Indonesia akan masuk dalam lima belas negara yang menjadi kekuatan ekonomi dunia, akan tetapi tantangannya adalah diperkirakan industri Indonesia akan kekurangan 56% talenta untuk mendukung perkembangan tersebut. Sehingga pengembangan talenta professional muda Indonesia merupakan suatu keharusan.

IDTalent Bootcamp dirancang sebagai program dengan metode yang praktis dalam pembangunan diri yang efektif, memiliki sikap dan perilaku profesional, serta memiliki kompetensi dasar utama dalam proses berfikir dan penyelesaikan masalah. Program ini dihadiri oleh para calon professional muda baik dari lulusan universitas di Bandung maupun kota lainnya di Indonesia. Program ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 29 Agustus 2015, dilaksanakan selama lima hari dengan rangkaian acara sebagai berikut:

1. ID Talent Bootcamp
Hari pertama – ketiga merupakan pelaksanaan bootcamp atau pemberian materi bagi seluruh peserta ID Talent Bootcamp. Peserta ID Talent Bootcamp akan mendapatkan materi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mempersipakan mereka terjun ke industri.
Setiap peserta IDTalent Bootcamp akan mendapatkan individual report yang terdiri dari profil diri berdasarkan hasil inventory test dan hasil asesmen peserta selama mengikuti kegiatan bootcamp.
a. Selasa, 25 Agustus 2015: Personal Branding – Membangun diri menjadi talent bukan hanya karyawan, personal Branding mencakup kemampuan untuk mengenai profil diri dan kemampuan berkomunikasi dengan efektif.
b. Rabu, 26 Agustus 2015: Achievement Motivation (Membangun Mental Juara) dan Analytical Thinking (Mengasah analytical skill untuk pemecahan masalah yang efektif)
c. Kamis, 27 Agustus 2015: Presentation Skill & Tips Business Communication

2. ID Talent Conference – Start Your Career Right
Hari keempat, Jumat, 28 Agustus 2015 ditutup dengan pelaksanaan seminar dengan keynote speaker Bapak Rudiantara (Menteri Komunikasi dan Informasi Teknologi Republik Indonesia) dan Ridwan Kamil (Walikota Bandung) serta mengundang beberapa CEO dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Materi yang akan dipaparkan adalah mengenai tantangan dan kebutuhan industri, trend industry saat ini, serta sharing knowledge dari para CEO.
• Herdy Harman (Director of Human Capital Telkom)
• Putra Nababan (Editor in Chief Metro TV)
• Sally Taher (Founder Red & White Consulting Partners LLP)
• Pambudi Haju (HR Head of Citi)
• Anggita Vela Lydia (Sr. Manager Business Development & PR www.elevenia.co.id)
• Young Talent On Top: Sean Taher (The Student of Birkbeck, University of London)

3. ID Talent Career Expo – Find a Career, not a Job
Hari keempat dan kelima (28-29 Agustus 2015) dilaksanakan Career Expo yang terbuka untuk umum. Acara ini dirancang untuk membuka jalan bagi perusahaan yang ingin mendapatkan profesional muda dari berbagai Universitas di Bandung. Sehingga dapat mempertemukan antara talenta-talenta muda yang siap berkarir dengan kebutuhan dari perusahaan. Acara terbuka untuk umum, selain terdapat booth dari perusahaan-perusahaan ternama, pengunjung dapat langsung berinteraksi dengan recruiter untuk melakukan interview, psikotes dan mendapatkan gambaran mengenai profil diri. Di area sekitar Career Expo juga terdapat area Bazaar yang dapat dinikmati oleh pengunjung Career Expo.
Berikut ini list perusahaan yang berpartisipasi dalam ID Talent Career Expo 2015
• Hewlett Packard Indonesia (HP)
• Citi Bank Indonesia
• PT. Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) – SCTV, Indosiar, O Channel, KMK Online, Screenplay Production
• PT. Kompas Media Nusantara (Kompas TV)
• PT. Bukit Muria Jaya
• PT. First Media Tbk (First Media)
• PT. Net Mediatama Televisi (NET TV)
• PT. XL Planet (Elevenia)
• PT. Indonusa Telemedia (Transvision)
• PT. Media Nusantara Citra Tbk (MNC)
• PT. Antar Mitra Prakarsa (MSTARS Group)

12

Previous Article Next Article

Leave a Reply