25 May 2016

Ini Jurus 5G Versi Rizal Ramli untuk Pengusaha Muda

BANDUNG, TEL-U – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Maritim RI) Rizal Ramli mengajak para pengusaha muda untuk bisa melakukan perubahan dalam perekonomian di Indonesia.

Hal ini dia sampaikan pada Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) se-ASEAN hari ke-2 yang berlangsung di Telkom University Convention Hall (TUCH), Selasa (24/5). Rizal Ramli selaku pembicara memberikan materi tentang perekonomian Indonesia dan pemerataan pembangunan.

Turut hadir pula Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Dr H Sakhyan Asmara, MSP, Dirut Bank Mandiri, Kartiko Wirjoatmodjo serta pendiri HIPMI, Abdul latif dan para pimpinan dari Telkom University.

Rizal mengatakan, untuk para pelaku usaha kecil dan menengah saat ini tidak perlu sulit lagi untuk memulai usaha, hal ini dikarenakan Presiden RI Joko Widodo akan menghapuskan peraturan yang mempersulit atau menghambat perkembangan usaha kecil dan menengah.

Lalu apa sih kiat Rizal Ramli agar para pengusaha muda ini sukses? Menteri yang pernah bikin heboh dengan jurus “Rajawali Ngepret” ini berbagi kiat 5G.

G yang pertama adalah God, artinya bagaimana kita berserah diri kepada Tuhan.

G yang kedua adalah Gesit otak, artinya kita harus memanfaatkan karunia dari Tuhan berupa otak dan pikiran kita untuk berfikir cerdas dan bisa terus mengembangkan ide-ide yang ada dalam otak kita.

G yang ketiga adalah Gesit tangan, yaitu bagaimana kita mampu menciptakan hal-hal yang beda dari orang lain.

G yang keempat adalah Gesit gaul, yang artinya kita harus bisa menempatkan diri kita dan mengembangkan pertemanan serta relasi kepada banyak orang. “Ciptakan lingkungan pergaulan yang positif,” katanya.

Sedangkan G yang kelima adalah Guts (keberanian). “Setelah kita menguasai keempat ‘G’ diatas kita harus memiliki nyali untuk berbuat dan bertindak serta berani untuk memulai,” ujarnya. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply