19 Nov 2014

Integrasi Media Konvensional dan Internet pada Lembaga Penyiaran Radio Swasta (Studi Kasus Aspek-Aspek Hukum, Sosial, Ekonomi, dan Teknologi Integrasi Media Konvensional dan Internet di PRFM dan K-LITE FM Bandung)

Peneliti: Harliantara

Promotor:
1. Prof. H. Deddy Mulyana, MA., Ph.D. (Ketua Tim Promotor)
2. Prof. Dr. H. Soleh Soemirat, Drs., MS. (Anggota Tim Promotor)
3. Dr. Agung Harsoyo, DEA (Anggota Tim Promotor)

ABSTRAK

Hadirnya fenomena baru medium internet telah membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia penyiaran radio di Indonesia secara umum dan khususnya di Kota Bandung. Hal ini menuntut para pengelola lembaga penyiaran radio untuk masuk dalam cara kerja yang profesional, termasuk penggunaan teknologi, sistem antena, transmisi, dan audio mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini sangat cepat sehingga menimbulkan tuntutan baru dalam manajemen lembaga penyiaran radio dan perlu diantisipasi dengan tepat untuk menjaga dan memenuhi kepercayaan khalayak.

Literatur mengungkapkan bahwa pada awal tahun 2000-an, banyak khalayak mengakses internet untuk mendengar siaran radio melalui komputer dan telepon seluler. Website lembaga penyiaran radio dapat langsung diakses khalayak, selain dapat meningkatkan hubungan lembaga penyiaran radio dengan khalayak juga mempromosikan program siaran-nya. Literatur menyarankan penyiaran radio perlu terus mencari inovasi agar dapat eksis di era konvergensi ini serta menerapkan dalam rangka meningkatkan kinerja penyiaran radio yang kreatif. Penelitian ini merekomendasikan pemaknaan aspek-aspek pengelolaan dan proses komunikasi integrasi media pada radio konvensional dan internet sebagai konvergensi media.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang masih belum banyak dilakukan untuk mengkaji integrasi media radio konvensional dan internet pada lembaga penyiaran radio swasta dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti memilih nara sumber yang paham tentang situasi penyiaran radio. Penentuan nara sumber yang diwawancarai dilakukan secara purposive, yaitu dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Peneliti juga menganalisa data dengan proses mengatur urutan data, mengorganisasikannya dengan penafsiran, memberikan arti signifikan terhadap analisis, serta menjelaskan pola dimensi uraian. Prosesnya dilakukan dengan teknik analisis data dengan melakukan 3 (tiga) aspek analisis secara sistematis yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menegaskan bahwa aspek hukum, aspek sosial, aspek ekonomi dan aspek teknologi dalam pengelolaan integrasi media pada radio konvensional dan internet menjadi krusial untuk meningkatkan kinerja penyiaran radio di masa kini dan masa yang akan datang. Selain itu penelitian ini menemukan bahwa penyiaran radio saat ini selain transmisi melalui udara atau (broadcast) dalam bentuk suara atau bunyi juga live streaming atau podcast streaming melalui internet (network) dalam bentuk suara, teks, gambar maupun video.

Kata kunci: Radio Konvensional, Internet, Integrasi Media

Previous Article Next Article

Leave a Reply