28 Oct 2013

Karya Mahasiswa Tel-U Di Pamerkan Di Peluncuran Buku “From Bandung for the World”

BANDUNG TEL-U- Karya mahasiswa Telkom University (Tel-U)  dipamerkan di acara peluncuran buku “From Bandung for the World”.  Acara berlangsung di Aula SMPN 2, jalan Sumatera Bandung, Senin (28/10/2013). Karya-karya tersebut di antaranya lukisan karya mahasiswa Telkom Creative Industries School (TCIS) Tel-U   Dedet Yusri yang berjudul “Sejarah yang Tersimpan,”. Melalui karyanya, Deden melukis karakter wajah dengan tinta balpoin diatas kanvas. Karya Dedet memukau peserta peluncuran buku saat itu.

Karya lainnya yang dipamerkan di stand Tel-U adalah Sarung Tangan Sonar karya mahasiswa Telkom Engineering School (TES). Sarung tangan sonar merupakan perangkat teknologi berbasis elektronik yang menggunakan sensor ultrasonik, motor vibtrator kecil, dan mikrokontroler untuk membantu navigasi para penyandang tunanetra.  Wakil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial yang tengah menghadiri peluncuran buku sempat mengunjungi pameran karya mahasiswa melakukan uji coba sarung tangan sonar.

“Bandung mempunyai potensi luar biasa. Kebijakan kota Bandung hingga kebijaakan nasional harus   membuat kebijaakan yang mendukung kreativitas mereka,” kata Oded.

Tuturnya, banyak industri kreatif digerakan oleh anak muda. Pemerintah kota Bandung justru sedang mencari bibit mahasiswa muda kreatif untuk diberi penghargaan. Bahkan kita akan membantu mereka melalui APBD.  Ini menjadi salah satu perwujudan program Bandung Juara.

Selain lukisan dan sarung tangan sonar,  stand pameran Tel-U juga memamerkan produk hebat hasil karya mahasiswa, di antaranya desain permainan Batavia,  desain kemasan produk dan helm pelengkap olah raga airsoft gun.

Buku “From Bandung to The World”  merupakan buku yang berisi kumpulan berita prestasi sekolah dan perguruan tinggi yang pernah dimuat harian Pikiran Rakyat, Galamedia dan Radar Bandung.  Buku ini ditulis oleh wartawati Pikiran Rakyat Nur Yani, wartawati Galamedia Rini Rosliani dan wartawati Radar Bandung Yatti Chahyati. Dalam buku tersebut, terdapat beberapa artikel berita prestasi dan inovasi mahasiswa Telkom University.  Peluncuran buku tersebut juga disaksikan oleh Rektor Telkom University,Prof. Ir.  Mochamad Ashari, M.Eng.,PhD dan Ketua Yayasan Pendidikan Telkom, Johni Girsang, MSc.- KOMPRO TEL-U

Previous Article Next Article

Leave a Reply