22 May 2015

“Kerangka Berpikir Sistematis”, Mahasiswa Tel-U Raih Prestasi di Kompetisi Nasional Teknik Industri

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa Teknik Industri Telkom University (Tel-U) belum lama ini berhasil menyabet juara 3 dalam kompetisi nasional keilmuan teknik industri yang diselenggarakan di Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci, Tangerang. Kompetisi tersebut diikuti oleh mahasiswa Teknik Industri seluruh Indonesia.

“Kompetisi berlangsung selama empat hari dari tanggal 4 hingga 7 Mei. Dari lomba itu tim Tel-U berhasil mendapatkan juara 3 nasional dari 24 tim yang mengikuti kompetisi ini,” kata Satya Wicaksana Mukhlisin, mahasiswa Teknik Industri 2013, Rabu (20/5). Dua anggota lainnya dari jurusan yang sama yaitu Alfrianiko Anggriawan, dan Irvina Nur Hegwina Wananka Tasti.

Menurut Satya, kompetisi ini merupakan kompetisi cerdas cermat. Pada seleksi lima besar mereka ditantang untuk membuat presentasi berdasarkan studi kasus yang diberikan. Studi kasus tersebut mengenai pemecahan masalah di pabrik pembutan genteng di Karawaci.

“Pada persentasi tersebut, kami mengusulkan untuk menyelesaikannya dengan framework DMAIC. Dari framework ini mengusulkan metode yang digunakan yaitu operasional dan alliance strategy, serta strategi jangka menengah yaitu otomasi industry,” kata Satya. Solusi yang ditawarkan berupa penyelesaian masalah untuk jangka panjang dan jangka pendek, tambahnya.

“Keunggulan framework tersebut yakni dapat menyelesaikan masalah dengan suatu kerangka berpikir yang sistematis,” katanya.

Tahap demi tahap dilalui tim Tel-U dengan penuh kesan. Menurut Satya, bisa saja nanti strategi yang disarankannya dalam kompetisi ini akan dijadikan referensi bagi pabrik tersebut untuk meningkatkan profitnya. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply