17 Aug 2015

Komunikasi Efektif Kampus dengan Orang Tua Bisa Mendukung Studi Mahasiswa

BANDUNG, TEL-U – Salah satu hal penting dalam mendukung perkembangkan belajar mahasiswa adalah komunikasi efektif antara pihak kampus dan orang tua mahasiswa. Selama komunikasi terjalin harmonis, orang tua tak perlu khawatirkan studi anaknya.

“Sebagai orang tua yang bisa kita lakukan adalah memfasilitasi anak-anak kita dalam mendukung kesuksesan studinya. Kami berharap, anak anak kita dapat menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang di saat Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia,” kata Rektor Tel-U Prof. Dr. Mochamad Ashari, M.Eng.,Ph.D pada Pertemuan Orang Tua Mahasiswa Baru tahun akademik 2015/2016, Jumat (14/8).

Untuk mendukung kelancaran studi mahasiswa, orang tua bisa memantau perkembangan studinya dengan mengakses informasi secara online melalui fasilitas igracias.telkomuniversity.ac.id. ”Orang tua dapat memantau perkembangan studi anak disini. Login ini bersifat personal,” ujar Wakil Rektor I Tel-U, Dr. Heroe Wijanto, MT.

Selain itu, orang tua juga mendapat Buku Pendoman Pendidikan Telkom University yang berisi informasi silabus, kurikulum, kalender akademik, dan pendoman transkrip aktivitas kemahasiswaan. Buku ini juga memuat aturan-aturan kode etik, sistem penghargaan dan informasi terkait unit kegiatan apa saja yang bisa diikuti mahasiswa.

Kepada orang tua mahasiswa, Heroe menghimbau agar orang tua memastikan anak-anaknya tetap fokus pada tujuan studi dan memastikan situasi sosial putra-putrinya baik-baik saja. ”Orang tua dapat menjalin komunikasi dengan dosen wali dan ketua program studi untuk mendiskusikan kemajuan putra-putrinya,” kata Heroe.

Sementara itu, Ketua Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOM) Dewata juga menghimbau agar orang tua mahasiswa mempunyai nomor kontak kaprodi, dosen wali, hingga pengasuh asrama dan teman sekamar anak di asramanya. Menurutnya, orang tua juga dapat berpartisipasi aktif dalam organisasi IOM Tel-U.

”IOM merupakan wadah komunikasi antar orang tua mahasiswa, mahasiswa dan civitas academica,” kata Dewata. Ia berharap komunikasi antar orang tua mahasiswa dan pihak kampus terjalin efektif dan harmonis. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply