07 Nov 2017

Kyoto University Kolaborasi Riset Dengan Telkom University

Bandung, Telkom University – Pada Senin, (7/11) Fakultas Informatika (FIF) mendapatkan visitasi dari Kyoto University perihal kolaborasi riset tentang pengayaan sumber daya bahasa daerah Indonesia.

Kyoto University mengirimkan perwakilannya yaitu Assoc. Prof. Dr. Yohei Murakami, dan di temani oleh Prof. Toru Ishida untuk menjelaskan apa-apa saja yang telah dilakukan untuk merealisasikan risetnya.

Beliau sebelumnya telah bekerjasama dengan periset dari Indonesia yaitu Kemas Muslim Lhaksmana Ph.D (saat ini dosen di Telkom University) dengan penelitian “Multi-Agent Systems for Robust IoT Services” dan Arbi Haza Nasution Ph.D. dengan penelitian Framework for Bilingual Dictionary Induction In Low-Resource Languanges”.

Selain di bidang penelitian, Yohei juga telah bekerjasama dengan Indonesia Heritage Trust (Badan Pelestarian Pusaka Indonesia) dan merancang Desain Pariwisata Berkelanjutan di Subak, Bali.

Pemaparan mengenai hal diatas di simak langsung oleh Dekan FIF, Dr. Maman Abdurahman dengan terbuka tertarik untuk melakukan kolaborasi riset ini kedepannya. Kerjasama internasional menjadi sebuah keharusan bagi Telkom University.

Previous Article Next Article

Leave a Reply