13 May 2014

Linearitas Menjadikan Dosen Berkualitas

BANDUNG, TEL-U – Ruang Multimedia di Lantai 2 Gedung LC Telkom University ramai didatangi oleh sekitar 50 dosen dari semua fakultas di lingkungan Tel-U pada Kamis (08/05). Para dosen tengah mengikuti kegiatan Sosialisasi Mapping Dosen dengan pembicara Kepala Bidang (Kabid) Ketenagaan, Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah IV Dice Udansyah M.Si dan stafnya, Budijaya.

Acara yang berlangsung pukul 09.00 WIB tersebut dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya, Hendratno, SE., Akt., MM. Dalam sambutannya, Hendratno menyampaikan pesan bagi para dosen untuk terus menanjakkan karirnya. Menjabat Jabatan Fungsional Akademik (JFA) menurut Hendratno merupakan langkah yang tepat bagi dosen untuk berkarir. “Dosen jangan merencanakan kegagalan. SDM akan mendukung penuh untuk Bapak dan Ibu mengingkatkan karir,” katanya.

Terkait JFA, Dice Udansyah, M.Si., menyampaikan paparannya mengenai pentingnya dosen memiliki Jabatan Fungsional Akademik. “Dosen itu seperti pengemudi, harus punya SIM. Nah, JFA ini adalah SIM bagi para dosen. Pemerintah terus mendukung dosen untuk mendapatkan JFA,” Dice menyampaikan. Menurutnya, JFA merupakan kewenangan bagi dosen yang seharusnya dimanfaatkan.

Kemudian, Budijaya ikut menjelaskan mengenai linearity dalam mendapatkan JFA. Menurutnya linearity berpengaruh bagi dosen yang ingin mendapatkan JFA. “Kalau S1 sampai dengan S3, serta homebase dan mengampuh mata kuliah pada bidang yang linear, Bapak dan Ibu dapat menjadi Guru Besar,” jelas Budijaya.

Budijaya juga menjelaskan materi mengenai kondisi-kondisi yang memungkinkan bagi dosen dapat diusulkan dan tidak dapat diusulkan menjadi JFA. Para dosen semakin antusias dengan kegiatan sosialisasi tersebut ditandai dengan banyak diskusi.

Pada akhir kegiatan, baik Dice Udansyah dan Budijaya berpesan kepada para dosen untuk menghindari plagiarisme. Kemudian dalam rangka pengajuan JFA, diharapkan bagi para dosen untuk tidak lupa mengunggah ijazah S1, S2 dan S3 mereka ke website. (KomPro/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply