Surabaya, 22 Januari 2024 – Muhammad Al Faaiz, mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Telkom University (Tel-U), berhasil meraih prestasi dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2023. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri ini telah merupakan ajang bergengsi untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda di Indonesia.
Muhammad Al Faaiz, yang mengikuti kategori Boga Business Plan, berhasil memamerkan ide bisnisnya yang sederhana namun inovatif. Ide tersebut mencakup produksi yoghurt tinggi protein dengan varian rasa buah yang difermentasi menggunakan biji kedelai, menghasilkan produk yang kaya akan probiotik dan baik untuk pencernaan.
Pada tahap final yang dilaksanakan di Surabaya, Al Faaiz bersaing dengan tiga finalis lainnya dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, dan Universitas Tarumanegara. Hingga ia berhasil meraih Best of the Best pada Kategori Business Plan Wirausaha Muda Mandiri 2023, menegaskan komitmen dan dedikasinya dalam merancang bisnis yang berdampak positif.
“Ide bisnis ini memiliki tujuan besar untuk dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan. Pada rancangan ide bisnis ini, saya berusaha untuk dapat memberdayakan petani kedelai di Indonesia, dengan harapan dapat mengurangi ketergantungan pada impor kedelai yang saat ini mencapai 70%.” jelas Faizz.
Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, Al Faaiz menjelaskan bahwa persiapannya melibatkan pembelajaran lebih dalam tentang aspek bisnis, terutama dalam hal keuangan. Untuk mengantisipasi risiko, ia memahami seluk-beluk industri Food and Beverage (F&B) dan melakukan riset pasar awal melalui kuesioner kepada 60 mahasiswa untuk validasi pasar.
Al Faaiz juga memberikan apresiasi kepada pihak kampus, terutama dosen pembimbingnya, Indria Angga Dianita, M.A.B., serta Direktur Kampus Tel-U Surabaya, Prof. Dr. Tri Arief yang telah turut hadir di Surabaya saat Awarding Night. Dukungan dari kampus menjadi salah satu kunci kesuksesannya dalam menghadapi kompetisi prestisius ini.
Melalui kesuksesannya ini, Muhammad Al Faaiz berharap dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus bermimpi dan berinovasi dalam menciptakan bisnis yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
Penulis: Abdullah Adnan | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations