23 Oct 2017

Mahasiswa Telkom University Buat Aplikasi Cek Kadar Hemoglobin Berbasis Android

Surabaya – Sekelompok mahasiswa program studi Teknik Telekomunikasi Telkom University berhasil membuat aplikasi pemeriksa kadar Hemoglobin berbasis Android.

Aplikasi itu saat ini sudah dapat di unduh di Play Store secara gratis. Prinsip kerja aplikasi bernama HbEy ini adalah dengan memotret konjungtiva/bagian bawah mata seseorang. Setelah itu, secara otomatis aplikasi akan mengkalkulasi Hemoglobin lalu menampilkan datanya.

Menurut Kautsar Fadly Firdaus yang merupakan mahasiswa Telkom University Semester 8, aplikasi ini dikembangkan dengan bekerja sama bersama tim ahli kesehatan di Kota Bandung.

“Semakin merah konjungtiva mata, maka semakin tinggi kadar HB seseorang. Sebaliknya, semakin pucat konjungtiva matanya, maka semakin rendah kadar HB seseorang,” katanya di Surabaya, Kamis (19/10/2017).

Menurut timnya, aplikasi ini sebelumnya sudah pernah di kembangkan pada Android versi 5. Baru sekarang di perbarui lagi agar bisa berjalan di Android 8.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir, yang turut hadir untuk meresmikan pamera mengungkapkan bahwa kolaborasi karya inovasi dengan dunia bisnis harus terus terjalin. Untuk memberi dampak manfaat bagi masyarakat luas.

Aplikasi HbEy ini dipamerkan dalam Pameran Inovasi  Berbasis Teknologi: Inovator Inovasi Indonesia Expo di Grand City, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 19 Oktober 2017. Bersaing bersamaan 450 peserta lain yang juga menampilkan inovasi aplikasi di event ini.

Previous Article Next Article

Leave a Reply