Marketing Communication dalam Sebuah Bisnis, Mengapa Penting?

Marketing Communication dalam Sebuah Bisnis Mengapa Penting?

Telkom Universityย โ€“ย Marketing Communication merupakan elemen yang sangat penting untuk membantu bisnis terhubung dengan konsumen. Sebagian besar perusahaan menggunakan komunikasi pemasaran sebagai alat utama untuk promosi produk, layanan, serta brand kepada audiens yang berbeda.

Apa itu Marketing Communication? 

Marketing Communication tidak hanya tentang promosi produk. Bentuk dari Marketing Communication cukup beragam, bisa berupa iklan, pemasaran langsung, presentasi, hingga aktivitas online.  Konsep paling penting dalam Marketing communication adalah cara pemasaran terhadap sasarannya. Apabila pemasarannya menarik dan unik, produk tersebut akan laris tersebut. Pembeli pun bisa kembali membeli produk tersebut, hingga mempromosikannya. Jika ternyata gagal, hal ini dapat menjadi masukan bagi marketing communication untuk berbenah dan mencari konsep yang lebih menarik sehingga dapat menghasilkan penjualan dan menarik pangsa pasar lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Ilmu Komunikasi? Pengertian, Materi yang dipelajari dan Prospek Kerjanyaย 

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Marketingย Communication?ย 

1. Menciptakan Brand Awareness 

Bisnis bukan hanya sekedar meningkatkan penjualan. Melihat persaingan bisnis yang semakin ketat, tidak sedikit banyak brand baru bermunculan kesulitan memikat hati konsumen. Brand Awareness penting karena dapat menghasilkan banyak pendapatan. Menurut Global Banking and Finance, pelanggan lebih suka membeli dari merek yang dikenalnya. Baik melalui media sosial, iklan digital, atau strategi offline seperti promosi langsung dan media cetak, setiap pesan yang disampaikan harus mengandung identitas bisnis serta apa yang membedakannya dari kompetitor.

2. Membangun Hubungan dengan Pelanggan 

Hubungan yang erat dengan pelanggan dapat membuat sebuah hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Melalui komunikasi yang konsisten dan relevan, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan keyakinan bagi para pelanggan untuk selalu menggunakan produk atau jasa bisnis. Tidak hanya mendorong loyalitas, tetapi juga dapat memberikan kemudahan dalam mempromosikan brand di masa depan. Pelanggan yang merasa terhubung dengan sebuah merek cenderung lebih setia, dan akan merekomendasikan produk tersebut ke orang lain. 

3. Menciptakan Citra dan Identitas Merek (Brand Image & Identity) 

Marketing communication sangat penting karena membantu perusahaan dalam membangun citra yang baik di mata konsumen. Citra merek yang baik akan membuat konsumen lebih percaya dan cenderung memilik produk atau layanan tersebut dibanding brand lainnya. Komunikasi yang efektif memungkinkan bisnis untuk menyampaikan apa yang membuat mereka mereka berbeda dengan kompetitor. Dengan menyampaikan Unique Selling Proposition yang jelas dan menarik, identitas mereka akan lebih menonjol di mata pelanggan. 

Baca Juga: Apa itu Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dan Fungsinya Bagi Perusahaan

4. Mendorong Keputusan Pembelian Konsumen

Sebuah bisnis yang memiliki Marketing Communication yang efektif dan relevan, seperti memberikan penjelasan produk, ulasan pelanggan, dan promsi dapat menjadi alasan kuat bagi pelanggan untuk memilih produk mereka diibanding kompetitor. Semakin efektif komunikasi yang dilakukan, semakin besar pula peluang konsumen untuk melakukan transaksi. 

5. Siap Menghadapi Kompetisi Pasar 

Dalam kondisi pasar yang kompetitif, setiap perusahaan pasti memerlukan sesuatu yang lebih menonjol daripada pesaing. Marketing Communication yang baik dapat membuat perusahaan lebih siap dalam menghadapi Kompetisi Pasar, karena memunkinkan mereka menyiapkan nilai unik produk yang sesuai dengan target audiens.

Mengingat pentingnya Marketing Communication, ada baiknya kamu mempelajarinya secara mendalam. Apabila kamu tertarik, bergabunglah bersama Telkom University dan pilih beberapa jurusan yang mempelajari disiplin ilmunya. Jurusan tersebut adalah S1 Ilmu Komunikasi, dan S1 Digital Public Relation. Keduanya merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Komunikasi dan Bisnis yang memiliki fokus dalam kajian Public Relations dan Marketing Communication di era digital.

Dengan bergabung di Telkom University, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran tentang Marketing Communication dan beberapa disiplin kelimuan yang relevan tentunya dengan infrastruktur dan sumber daya yang sangat mendukung untuk program pembelajaranmu! 

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu menjadi TelUTizen dan raih cita-citamu setinggi langit!

Penulis: Adinda Cantika Putri | Editor: Adrian Wiranata | Foto: Public Relations

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *