19 Jul 2017

Mengkaji Strategi Kinerja Bisnis Industri Kreatif, Romat Saragih Raih Gelar Doktor

Bandung – Dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Dr. Romat Saragih, MM. berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen konsentrasi Manajemen Stratejik di Universitas Pendidikan Indonesia pada Rabu, (12/7) lalu. Romat meraih gelar doktor dengan disertasi berjudul “Kapabilitas Dinamik Dan Kecocokan Stratejik Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Pada Industri Kreatif Digital di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya)”.

Fokus penelitian ini menurutnya adalah kinerja bisnis, dimana analisisnya bersifat deskriptif dan verifikatif dengan 96 sampel, berupa perusahaan industri kreatif digital di Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Data primer diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh senior leader perusahaan. Analisis verifikatif menggunakan bantuan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja bisnis dipengaruhi secara signifikan oleh kecocokan stratejik, dimana kecocokan stratejik dipengaruhi secara signifikan oleh kemampuan dinamis dan perubahan lingkungan luar. Selanjutnya kapabilitas dinamik dipengaruhi secara signifikan pula oleh sumberdaya internal dan perubahan lingkungan luar. Penelitian ini juga menghasilkan suatu model manajemen stratejik yang disebut Model Kecocokan Stratejik.

Menurutnya, penelitiannya ini bertujuan membantu kesulitan industri kreatif digital dalam mencapai dan/atau meningkatkan kinerja bisnisnya yang diakibatkan dari terjadinya perubahan lingkungan yang turbulen.

“Saya ingin lebih fokus meneliti bidang manajemen stratejik (sebagai research road map saya), utamanya strategi bisnis bagi Perusahaan Kecil dan Memenah (UKM). Semoga saya dapat memberi kontribusi terhadap bangsa ini melalui ilmu yang saya miliki”.

Tidak lupa Romat begitu berharap agar Telkom University dapat lebih memfasilitasi dosen-dosennya dalam penelitian, utamanya dukungan dana yang diperlukan.

Previous Article Next Article

Leave a Reply