21 Jan 2016

Meningkatkan Kapasitas Wireless Mesh Network Melalui Modifikasi Algoritma Resource Allocation

Peneiliti :Dr. Nachwan Mufti Adriansyah, ST, MT
Promotor: Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo, DEA
Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.Eng
Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng
Prof. Dr. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng.

Dr. Nachwan Mufti Adriansyah, ST, MT, dosen Fakultas Teknik Elektro Telkom University (FTE Tel-U) berhasil meraih gelar doktor di bidang teknik elektro. Ini adalah gelar doktor pertama yang diraih dosen Tel-U pada tahun 2016.

Nachwan mengkaji penelitian tentang bagaimana meningkatkan kapasitas wireless mesh network melalui modifikasi algoritma resource allocation. ”Saya mengusulkan metode greedy dengan pembobotan yang digabungkan dengan partisi geometrik untuk memperbaiki kinerja kapasitas algoritma Spatial Time Division Multiple Access dengan kompleksitas komputasi relatif rendah,” katanya.

Disamping itu, tambah Nachwan, dia mengusulkan algoritma berbasis keputusan (Hybrid Decision-based algorithm) dengan relaksasi SINR untuk meningkatkan performasi kapasitas Wireless Mesh Network, tetapi dengan toleransi penurunan pada parameter mesh coverage probability dan SINR margin.

Sidang yang berlangsung di Gedung Engineering Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia Kamis (14/1) ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Harry Sudibyo, DEA, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.Eng., dengan anggota Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.Eng., Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, M.Eng., Prof. Dr. Ir. Adit Kurniawan, M.Eng. Dalam sidang tersebut Nachwan berhasil mendapatkan IPK 3.87 dengan predikat yudisium “Sangat Memuaskan”.

“Saya berharap untuk rekan-rekan yang belum mengambil studi doktor agar mengambil studi doktor yang selaras dengan bidang teknik atausains, agar Tel-U dapat semakin berkembang dan mendapatkan tempat dalam dunia akademik dan penelitian,” katanya. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply