OTASK: Layanan Bengkel Online Kendaraan Bermotor Karya Inovasi Mahasiswa Telkom University 

Template Berita TelU

Mahasiswa Telkom University (Tel-U) ciptakan inovasi layanan bengkel berbasis aplikasi online untuk berbagai kebutuhan kendaraan bermotor. Karya inovasi yang diberi nama OTASK ini berhasil meraih dana riset dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023 bidang Karya Cipta yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbudristek RI. OTASK adalah jawaban atas perkembangan zaman dan akses kebutuhan layanan yang serba cepat untuk memudahkan pengguna dalam mencari layanan bengkel. 

Tim yang dibimbing oleh Dr. Leanna Vidya Yovita ST., MT. Tersebut beranggotakan empat mahasiswa multidisiplin yaitu Athallah Favianauvally Nadhasya (S1 Teknik Telekomunikasi), Moh. Irsyad Helmy (S1 Teknik Telekomunikasi), Hertini Wulandari (S1 Teknik Telekomunikasi), dan Intan Lailya Afwa (S1 Administrasi Bisnis).  

OTASK sebagai penyedia layanan bengkel dioperasikan oleh tiga peran utama, yaitu admin, pengguna, dan mitra. Dalam memenuhi kebutuhan layanan bengkel, OTASK menwarkan berbagai macam fitur pada aplikasi OTASK meliputi montir, towing, marketplace, cari bengkel, konsultasi, Onews, dan call center. Adanya aplikasi layanan bengkel online ini diharapkan dapat mengembangkan cara pemilik kendaraan dalam merawat kendaraannya dengan mendapatkan layanan bengkel yang praktis dan mudah. 

“Semoga inovasi ini dapat bermanfaat bagi pengendara kendaraan bermotor saat berhadapan dengan gangguan kendaraan serta dapat memberikan kesadaran akan maintenance kendaraan bermotor. Selain itu, dengan adanya inovasi ini dapat meningkatkan perekonomian para montir dan mitra bengkel serta mendekatkan masyarakat terhadap instansi terkait melalui layanan call center yang tersedia” ujar Athallah mewakili tim. 

Penulis: Athallah | Editor: Daris Maulana | Foto: Public Relations 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *