18 Aug 2014

Padamu Negeri, Anggota Paskibra Tel-U Berjanji

BANDUNG, TEL – U – Empat puluh pemuda-pemudi berdiri tegak membentuk formasi seperti huruf U. Di depan mereka berjejer lilin yang menyala. Pemimpin upacara, berdiri di pusat formasi, memandang lurus ke depan. Dalam bimbingan pembina upacara, mereka mengucap Ikrar Putra Indonesia.

Mengenakan jas merah almamater serta peci hitam dengan pin Garuda Pancasila, pemuda-pemudi yang tak lain mahasiswa Telkom University (Tel-U) angkatan 2013 dan 2014 ini berdiri khidmat. Pada temaram Gedung Serba Guna bertabur cahaya lilin, mereka dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Telkom University Angkatan 2014. Maka, malam itu, Sabtu (16/8), keempat puluh pemuda-pemuda ini berjanji untuk mengabdi karena cinta pada bumi pertiwi.

Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari. M.Eng., Ph.D., yang menjadi pembina upacara, membimbing pengukuhan itu. Tak lupa, Rektor juga menitipkan pesan, agar anggota Paskibra yang baru saja dilantik, bisa mengemban tanggung jawab dengan baik.

“Jadikan apa yang anak-anak laksanakan pada tanggal 17 Agustus besok sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik bangsa,” ujar Rektor.

Pemuda yang akan memimpin bangsa ini kelak, lanjut Rektor, adalah mereka yang punya akhlak dan budi pekerti. Cerdas berpengetahuan, sehat jasmani rohani, semangat mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negaranya, dan rukun satu sama lain. “Juga berkasih sayang dengan saudaranya, bangsa Indonesia, tanpa membedakan identitas dan asal-usul, apakah dari segi agama, suku, etnis, atau kedaerahan,” katanya.

Untuk mengesahkan pengukuhan ini, para pimpinan universitas dan fakultas yang hadir menyematkan kendit (ikat pinggang dari kain) dan pin merah putih kepada setiap anggota Paskibra. Lalu seusai upacara mereka santap malam bersama sembari mengentalkan kebersamaan. Mengeratkan kekeluargaan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. M. Yahya Arwiyah mengatakan pengukuhan Paskibra Telkom University ini merupakan yang pertama sejak empat insitusi pendidikan yakni Institut Teknologi (IT) Telkom, Institut Manajemen (IM) Telkom, STISI Telkom, dan Politeknik Telkom bergabung menjadi Telkom University Agustus tahun lalu.

Icha, mahasiswi 2014 asal Aceh, mengaku siap untuk mengisi aktivitas bersama pasukan Paskibra ini, meski harus sering pulang larut malam ke asrama. Mahasiswi Prodi Administrasi Bisnis ini sudah pernah ikut Paskibra sejak menuntut ilmu di SMA Lab School Banda Aceh. “Awalnya sih sempat ditegur Pak Satpam karena pulang malam, tapi sekarang tidak masalah setelah tahu saya pulang malam karena latihan Paskibra,” katanya. (Purel/raf)(foto oleh : Donie)

Previous Article Next Article

Leave a Reply