28 Oct 2016

Paduan Suara Tel-U Raih Dua Golden Diploma di Thailand

BANDUNG, TEL-U – Paduan Suara Telkom University (Choir Tel-U) mengharumkan nama Indonesia dalam ajang 1st Lanna International Choir Competition yang diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand pada 19-23 Oktober 2016.

Dengan jumlah peserta mencapai 58 paduan suara dari 8 negara, 1st Lanna International Choir Competition ini mempertandingkan 9 kategori dari 11 kategori yang disediakan, mulai dari kategori anak-anak hingga paduan suara dewasa, dengan pemilihan lagu klasik hingga lagu daerah.

Dari 9 kategori yang dipertandingkan, choir Tel-U mengikuti 2 kategori lomba yaitu Mixed Youth Choir Category dan Folklore Category dan berhasil mendapat Gold Diploma Level I dalam kategori Folklore sedangkan kategori Mixed Youth Choir, Tel-U Choir  keluar sebagai Runner Up dan mendapatkan Gold Diploma Level IV.

Berawal dari mengirimkan rekaman suara ke pihak penyelenggara, Tel-U Choir kemudian masuk dalam kualifikasi untuk dipertandingkan dalam berbagai kategori yang dipilih oleh peserta. “Selama tiga bulan anggota kami berlatih secara intensif dan mendalam lewat latihan persuara, perorangan, sampai mengikuti choir clinic untuk meningkatkan kualitas,” ucap Aldo Randy Ginting selaku konduktor Choir Tel-U,

Setelah babak kualifikasi, kata Aldo, para peserta yang lolos dipertandingkan lagi pada babak kompetisi. Di sini juri langsung menilai dan memilih pemenangnya dan memberikan kualifikasi gold, silver atau bronze. Setelah itu, para pemenang dari setiap kategori dipertandingkan lagi di babak Grand Prize.

“Melalui banyak kendala baik teknis ataupun non teknis akhirnya kami bisa meraih Gold Diploma Level I dalam kategori Folklore dan Runner Up pada kategori Mixed Youth Choir dan mendapatkan Gold Diploma Level IV,” ucapnya.

Kompetisi Internasional pertama yang Tel-U Choir ikuti ini akhirnya berbuah manis, karena perjalanan selama 1 minggu serta persiapan selama 3 bulan, Aldo mengatakan kompetisi ini sangat berkesan bagi setiap orang, terutama bagi generasi baru yang belum pernah mengikuti kompetisi nasional dan internasional.

“Bukan hanya karena Tuhan mengabulkan doa kami dengan 2 Gold, tetapi yang paling berkesan adalah proses yang kami alami selama ini yaitu susah, lelah, senang, sedih, terharu, bangga dan perasaan lainnya yang selalu kami tanggung bersama,” katanya.

Acara ini diselenggarakan oleh Interkultur yakni organisasi yang menyelenggarakan berbagai kompetisi di Eropa, Asia, Amerika, bahkan Afrik. Kali ini Interkultur yang berasal dari Jerman menggelar 1st Lanna International Choir Competition di Chiang Mai, Thailand. (PR/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply