25 Nov 2013

Pameran Riset Nasional Believe 2013, Inovasi Untuk Menjawab Tantangan Global

BANDUNG TEL-U- Himpunan Mahasiswa Fakulitas Elektro dan Komunikasi menggelar pameran riset nasional yang bertajuk, “Be The Leader of Engineering Innovation”. Acara berlangsung di Telkom University Convention Hall selama dua hari, Sabtu-Minggu (23-24/11/2013). Seminar Believe mengulas   tentang peran inovasi di bidang teknologi dalam membangun ekonomi jangka panjang. Seminar menjelaskan bahwa perekonomian nasional membutuhkan persiapan yang baik.

“Berdasarkan Global Innovation Index (GII), Indonesia menempati rangking ke-85 dari 142 negara dalam hal inovasi. Kenyataannya,  pertumbuhan ekonomi   Indonesia yang dibangga-banggakan tidak bertumpu pada inovasi. Oleh karena itu, aspek pendukung inovasi harus lebih dikembangkan   yaitu dalam hal regulasi dan kemahiran bisnis, terutama dalam sumber daya manusia dan bisnis yang intensif dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, “ papar   peneliti Surya University, Riza Muhida, pada presentasinya di seminar Believe 2013,  Sabtu (23/11/2013).

Agar dapat menjawab tantangan global, Indonesia harus menajadi negara maju berdasarkan kekuatan SDM serta didorong oleh kemampuan inovasi. Sehingga percepatan transformasi ekonomi menjadi keniscayaan yang perlu diwujudkan.

Believe 2013 merupakan rangkaian acara yang memadukan Seminar, Talkshow, dan Pameran hasil karya mahasiswa dalam bidang riset dan inovasi.  Seminar dan Talkshow menghadirkan tokoh-tokoh nasional, researcher, dan eksekutif korporasi, di antaranya Dr. Ir. I Wayan Budiastra, M. Agr (Staff Ahli Kementrian Riset dan Teknologi RI),  Ir. Joddy Hernady, M.S.E.E (Senior General Manager Research and Development Center PT. Telkom),  Edy Putra Irawady (Deputy Minister, Coordinating Ministry for Economic Affairs, Indonesia, dan   H. Irman Gusman, SE, MBA (Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2009-2014). – Risca/KOMPRO TEL-U

Previous Article Next Article

Leave a Reply