13 Apr 2015

Para Peneliti Tel-U Diharap Kembangkan Multidisciplinary Research

BANDUNG, TEL-U –Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Telkom University (PPM Tel-U), Dr. Palti MT Sitorus meminta para peneliti di lingkungan Tel-U sudah mulai menggunakan Multi atau Interdisciplinary Research (Multidisciplinary Research). Hal ini disampaikan Palti saat mengisi diseminasi ilmiah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jumat (10/4).

Dalam presentasinya, Dr. Palti mengatakan perkembangan research saat ini sudah mengarah ke Multi dan Interdisciplinary. “Kolaborasi antardisiplin ilmu akan menghasilkan sesuatu yang baru,” katanya.

Dr. Palti meminta para dosen untuk menggunakan Multi atau Interdisciplinary Research. Dia mencontohkan disiplin ilmu psikologi dengan keuangan. Ada suatu penelitian yang ingin menganalisis tentang apakah terdapat pengaruh psikologis investor terhadap kenaikan atau penurunan harga saham. “Contoh lainnya adalah penggunaan metode eksperimen yang biasa digunakan dalam ilmu-ilmu pertanian atau kedokteran digunakan dalam research-research ekonomi atau manajemen,” katanya.

Pada sesi kedua, Ketua Program Studi S2 Manajemen Tel-U, Dr. Dadan Rahadian, menyampaikan tentang perkembangan Digital Money di dunia. Menurut Dr. Dadan, dengan adanya Digital Money, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat, di antaranya adalah dapat menekan biaya dan memperluas pangsa pasar.

“Tantangannya dalam menerapkan digital money datang dari perilaku konsumennya itu sendiri. Saat ini masyarakat masih tidak percaya dengan keamanan dari sistem uang digital tersebut. masih banyak gap yang terjadi saat transaksi menggunakan uang digital,” ujarnya. (FEB/Tys)

Previous Article Next Article

Leave a Reply