31 Aug 2015

PasarLaut Primoditi Juara Kompetisi Hackathon Merdeka

BANDUNG, TEL-U – Tim mahasiswa Telkom University (Tel-U) menorehkan prestasi pada kompetisi Hackathon Merdeka yang berlangsung pada 22-23 Agustus lalu dengan rancangan aplikasi mereka yang dinamakan PasarLaut Primoditi. Tim terdiri dari dua mahasiswa MBTI Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Farid Naufal Aslam dan Raden Johannes Heryo Priambodo.

“PasarLaut Primoditi merupakan aplikasi rancangan Startup PasarLaut.com milik mahasiswa universitas Telkom. Konsep dan tujuan utamanya, untuk mengumpulkan data-data terkait komoditas-komoditas pokok secara realtime dan reliable dengan menggunakan aplikasi mobile dan platform cloud manajerial untuk koperasi dan pengelola pasar,” jelas Johannes, akhir pekan lalu.

Ia menuturkan, awalnya pembuatan aplikasi ini didasari oleh masalah yang dihadapi oleh koperasi kelautan dan perikanan di Subang, Jawa Barat. Disini tim menemukan bahwa koperasi, sebagai titik distribusi awal, melakukan pencatatan traksaksi dan komoditasnya dengan tidak rapi dan tidak efisien. Padahal, pencatatan yang tidak rapih berpeluang mengurangi profit mereka sekitar 60-70% setiap bulannya karena hutang-hutang yang tidak terbayar.

“Kami berusaha membantu menyelesaikan problem di titik distribusi awal dengan merancang platform manajerial pengelolaan transaksi dan komoditas untuk koperasi, untuk membantu mereka mengelola bisnisnya menjadi lebih baik. Selain itu kami dapat membantu pemerintah untuk memantau perkembangan-perkembangan komoditas di titik produksi tersebut melalui platform ini,” tutur Johannes.

Menurutnya, aplikasi PasarLaut Primoditi memiliki konsep berupa platform manajerial untuk pengelolaan dana transaksi dan komoditas untuk koperasi kelautan dan pengelola pasar. Lalu dilengkapi tambahan aplikasi mobile pelaporan harga komoditas untuk pemerintah agar dapat memperkaya input data yang masuk.

Karena prestasi ini, Farid dan Johannes bersama peserta lain yang ikut dalam Hackathon Merdeka diminta untuk presentasi di depan Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya berharap, melalui kompetisi akan ada yang bisa diintegrasikan dari solusi-solusi sebelumnya dalam aplikasipasarlaut.com dengan permasalah-permasalahan pangan yang menjadi tema hackaton merdeka code4nation,” katanya. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply