19 Dec 2014

Pengabdian Masyarakat, Tel-U Berikan Dukungan dan Pelatihan Bagi Para Pelaku UMKM

BANDUNG, TEL-U – Sebagai wujud nyata komitmen Telkom University (Tel-U) dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, Rabu (17/12) lalu, Tel-U melalui Program Pengabdian Masyarakat (PPM) memberikan pelatihan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut berlangsung di gedung bangkit (Learning Centre) lantai 2 Telkom University (Tel-U).

Dalam pelatihan bertema “Entrepreneurial Marketing Pada Usaha Kecil dan Menengah” itu, Wakil Rektor III, AMA. Suyanto, Ir., MBA, DBA memberikan pembekalan kepada para peserta. “UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian suatu negara. Sayangnya, saat peran UMKM ini belum banyak yang sampai mampu menembus pasar di luar negeri,” katanya.

Apalagi, kata Rektor III, sebentar lagi Indonesia memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Tantangan kita sekarang adalah bukan lagi sebatas menjadi pemain lokal. Bagaimana kita sekarang mampu mengalahkan produk-produk import?” katanya.

AMA menambahkan, materi tentang product life cycle dan pentingnya inovasi. Walau materi yang disampaikan lebih ke hal-hal yang bersifat umum dan tidak terlalu mendalam, para peserta terlihat antusias mengikuti materi yang disampaikan.

“Mulai dari kiat melihat peluang, jiwa kewirausahaan, urusan legalitas, kiat mengelola SDM, mendesain logo, 4P, distribution channel, segmentasi, delivering experience hingga proses branding suatu produk,” katanya.

Salah satu peserta kegiatan mengaku senang dengan adanya program pengabdian masyarakat semacam ini. “Kami pelaku UMKM merasa senang. Kemarin kami dapat konsultasi gratis mengenai desain logo, kemasan, dan marketing tools dari Tel-U. Sekarang bisa ikut kelas,” ujar David, pemilik usaha Saridele.

Seusai acara, para pelaku UMKM yang menjadi peserta diberi kesempatan untuk memamerkan produknya masing-masing dan sekaligus menjadi sebuah kesempatan untuk melakukan networking. (purel/nando)

Previous Article Next Article

Leave a Reply