01 Mar 2016

Perkuat Kampus Riset, UTM Undang Tel-U Bermitra

YOGYAKARTA, TEL-U — Universiti Teknologi Malaysia (UTM) melalui pejabat dekan Fakutas Pendidikan Profesor Madya Dr. Yusof bin Boon melakukan pertemuan terbatas dengan Dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Telkom University (FKB Tel-U), Rabu (10/2). Pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Neo Yogyakarta tersebut dihadiri pula oleh Dr. Soni Sadono, dosen sekaligus perwakilan dari Kemahasiswaan, serta perwakilan pejabat dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Yusof bin Boon menegaskan ketertarikannya untuk menjalin kerjasama dalam bidang yang tidak terbatas pada penelitian. Menurutnya, jika ingin menjadi universitas kelas dunia, semua perguruan tinggi tidak dapat berjalan sendiri-sendiri.

“Kami merasa perlu mengajak universitas di Indonesia bermitra, tidak terbatas dalam bidang riset juga pada (bidang) lainnya, sebut saja pertukaran akademik seperti mahasiswa dan dosen, penyelenggaraan seminar dan konferensi berskala Internasional. Telkom University adalah tujuan kami karena sama-sama memiliki basis teknologi” tegas Yusof dalam sambutannya.

Menanggapi hal ini, Soni mengatakan bahwa Telkom University telah memulai kerjasama Internasional sejak awal pendiriannya pada tahun 2013. “Untuk mewujudkan visi sebagai kampus berkelas dunia, banyak yang telah kami lakukan. Selain kemitraan penelitian dengan universitas-universitas luar negeri, kami juga telah menerima banyak mahasiswa dari berbagai negara Asia,” ucap Soni Sadono disela-sela pertemuan.

Kunjungan yang berlangsung sekira tiga jam itu merupakan pertemuan lanjutan yang sebelumnya digagas oleh tim kemitraan penelitian antara Tel-U dan Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum). Pada kesempatan yang sama, Dekan Fishum Dr. Kamsi merasa senang atas jalinan kemitraan tersebut “Sebisa mungkin kerjasama ini dapat berlangsung secara berkelanjutan, sehingga UIN dan Telkom dapat sama-sama memajukan pendidikan yang berimplikasi pada kualitas generasi bangsa, dan masyarakat secara luas,” katanya.

Pertemuan tersebut juga diisi dengan penandatanganan kerjasama penelitian yang telah terjalin sebelumnya antara Tel-U dengan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Turut serta dalam tim penelitian mitra adalah Dr. Yahya Arwiyah (Ketua peneliti Telkom University), Dr. Soni Sadono, serta sejumlah dosen FKB lainnya. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply