21 Dec 2015

Perpustakaan Tel-U Bina Perpustakaan Sekolah Terpencil

GARUT, TEL-U – Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Telkom University (Tel-U) bekerja sama dengan Cakrawala Baca (CB) memberikan sumbangan berupa buku dan alat tulis kepada SDN Sukalaksana 2 di Kampung Neglasari Desa Sukalaksana Kecamatan Talegong Kabupaten Garut, Kamis (17/12). SDN Sukalaksana 2 merupakan salah satu “SD Binaan” Cakrawala Baca dan Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Tel-U dalam program “Open Education”.

SDN Sukalaksana 2 merupakan sekolah dengan akses yang minim terhadap bahan bacaan. Penyebabnya adalah lokasi sekolah yang berada di kaki tebing dengan akses jalan yang rusak berat. Selain kontur tanah yang berbukit-bukit, jalanan di desa juga didominasi oleh jalanan terjal berbatu yang sangat berbahaya.

Sebanyak 108 siswa dan 9 guru SDN Sukalaksana 2 terbiasa berjalan kaki paling lama dua jam, atau menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi sekolah, setiap hari. “Jadi jangankan koran atau majalah, di sini mah mau makan sayuran aja susah karena jauh dari pasar,” ujar Taufik Nur Alam (33), salah satu guru honorer SDN Sukalaksana 2.

Dengan kondisi tersebut, maka tidak heran jika kegiatan berbagi pengetahuan melalui donasi buku disambut antusias oleh warga setempat. Menurut Taufik, sejak adanya bantuan sumbangan buku dari Cakrawala Baca dan Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Tel-U, anak-anak mulai mengenal buku bacaan dan menghabiskan waktu bermainnya di “perpustakaan mini” sekolah.

“Dulu ada anak yang udah kelas tiga tapi belum bisa baca. Sekarang mah alhamdulillah dengan adanya buku-buku bantuan ini, saya sebagai guru sangat terbantu. Minimal anak-anak tertarik buat buka buku dan lihat gambarnya dulu,” tutur Taufik.

Perpustakaan mini SDN Sukalaksana 2 saat ini memiliki koleksi 1.500 buku. Namun, sudah hampir 3 tahun koleksinya tidak mengalami penambahan, akibat tidak adanya donator.

Kepala Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Tel-U, Nurul Fitria, mengatakan perpustakaan Telkom University telah menjalin kerjasama dengan Cakrawala Baca untuk membantu membina perpustakaan sekolah-sekolah di daerah terpencil Jawa Barat dalam program “Open Education” sejak 2014.

Perpustakaan Tel-U dalam hal ini membantu membina perpustakaan masyarakat dan sekolah, dengan memberikan bantuan hibah buku, atau berbagi ilmu dalam bentuk lainnya. Sejauh ini, ada lima sekolah yang menjadi binaan Cakrawala Baca dan perpustakaan Tel-U yaitu, SDN 2 Sukalaksana Kabupaten Garut, SDN Kahuripan Kabupaten Tasikmalaya, SDN Bunimekar Kabupaten Cianjur, SDN Buninagara Kabupaten Bandung, dan SDN Gulemeng Kabupaten Sukabumi.

“Perpustakaan kami mengusung konsep “Open Library” yang salah satunya berarti kami harus terbuka untuk berbagi ilmu dengan seluruh masyarakat yang membutuhkan. Melalui program “Open Education” seperti ini kami ingin membuka akses pengetahuan untuk adik-adik kita di pelosok,” ujarnya.(purel/lib)

Previous Article Next Article

Leave a Reply