19 Sep 2014

Politeknik Negeri Nusa Utara – Sangihe (Polnustar) Jajaki Kerjasama dengan FIT Tel-U

BANDUNG, TEL – U – Kendala transportasi bukan halangan untuk sebuah impian demi memajukan sumber daya manusia. Berbekal tekad itulah rombongan dari Politeknik Negeri Nusa Utara – Sangihe (Polnustar) berkunjung ke Fakultas Ilmu Terapan Telkom University (FIT Tel-U), Selasa (16/9)

Rombongan beranggotakan 12 orang yang terdiri dari para Ketua Jurusan (Kajur), Kepala Bagian (Kabag), dan dosen yang dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara – Sangihe, Prof. Dr. Ir. Frans G Ijong, MsC. Mereka diterima di ruang rapim oleh Dekan FIT, Wakil Dekan I, para Kepala Program Studi (Kaprodi) dan dosen FIT.

Pada kesempatan itu, Direktur Polnustar menjelaskan letak Polnustar. “Di mana Polnustar itu? Polnustar berada di ujung Utara Indonesia, tepatnya di Pulau Sulawesi Utara, 10-16 jam perjalanan lewat laut dari Menado, dan hanya dua jam menuju Filipina,” katanya.

Frans menuturkan, Polnustar dirintis sejak tahun 2001 namun baru berdiri pada tahun 2005. Setahun kemudian, kampus ini dijajaki untuk menjadi Politeknik Negeri, dan pada tahun 2011, Polnustar resmi menjadi Politeknik Negeri Nusa Utara. “Saat ini mahasiswa kami terdaftar 1.200 mahasiswa dan yang aktif 990 mahasiswa,” katanya.

Tujuan rombongan Polnustar ke FIT Tel-U, kata Frans, untuk menjajaki kerja sama baik di bidang sumber daya, riset, abdimas, studi lanjut dan lain-lain.

Menyambut rombongan ini, Dekan FIT, Dr. Teguh Widodo, mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena Tel-U, khususnya FIT menjadi sasaran kunjungan rombongan Polnustar untuk program studi banding dan kerjasama. “FIT sangat terbuka, bagi siapa pun yang akan menjalin kerjasama dan saling menguntungkan kedua belah pihak demi kemajuan pendidikan di Indonesia,” katanya.

Teguh juga menjelaskan tentang perjalanan panjang berdirinya Universitas Telkom, dari empat institusi menjadi satu universitas dengan tujuh fakultas.

Universitas Telkom dengan Politeknik Negeri Nusa Utara, satu visi untuk memajukan Indonesia. Saat ini Tel-U menjadi kampus persembahan untuk negeri dan Polnustar menjadi kampus kebangsaan.

Frans berharap pertemuan ini tidak berakhir disini saja, namun terus berlanjut dengan sebuah perjanjian kerjasama yang diharapkan diadakan di Polnustar Sangihe. “Apabila hal ini terjadi, Direktur Polnustar akan menjemput langsung di Menado dan akan langsung menakhodai kapal Polnustar untuk menjemput rombongan FIT Tel-U,” katanya.

Kunjungan diakhiri dengan keliling fasilitas laboratorium yang ada di FIT dan ditutup dengan pertukaran cindera mata dari kedua belah pihak.

Selamat berjumpa kembali FIT Tel-U di Pulau terluar Utara Indonesia, pulau Sangihe-Talaud! (sekre-FIT/igan)

Previous Article Next Article

Leave a Reply