21 Jan 2015

Prodi Ilmu Komputasi Tel-U Raih Akreditasi B

BANDUNG, TEL-U – Program studi Ilmu Komputasi Telkom University berhasil meraih akreditasi B. Surat keputusan BAN-PT keluar pada bulan Oktober 2014 dengan nomor 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014, dan diterima oleh pihak program studi Desember lalu.

“Akreditasi Prodi Ilmu Komputasi telah disiapkan cukup lama. Persiapannya sejak masih di bawah Fakultas Sains IT Telkom,” kata Kaprodi Ilmu Komputasi Dr. Deni Saepudin, S.Si., M.Si, Senin (19/1).

Deni mengatakan, persiapan lebih intensif lagi dilakukan di tahun 2012. Persiapan itu terkait dengan pengumpulan dokumen yang merekam proses-proses di prodi Ilmu Komputasi, seperti pengajaran, penelitian, pengabdian, penjaminan mutu dan lain-lain.

“Total nilai skor penilaian akreditasi Ilmu Komputasi adalah 333. Hal yang membanggakan adalah budaya riset di Ilmu Komputasi tumbuh cukup baik. Ditunjukkan dengan banyaknya hibah penelitian dan dana riset yang cukup tinggi. Keunggulan ini berkontribusi besar pada skor akreditasi,” paparnya.

Ilmu Komputasi, tambahnya, telah menargetkan rasio dosen berpendidikan S3 mencapai 30 persen di tahun 2017. Peningkatan jumlah dosen berpendidikan S3 terus diupayakan dengan mendorong dosen untuk studi lanjut.

Jika dilihat dari usianya, prodi ilmu komputasi tergolong masih muda. Ia baru berdiri di tahun 2009 dan mengajukan akreditasi di tahun 2013. Kendati demikian, animo calon mahasiswa terhadap prodi ilmu komputasi cukup baik seiring bertambahnya mahasiswa di Ilmu Komputasi.

“Peningkatan jumlah mahasiswa harus sebanding dengan peningkatan jumlah dosen. Untuk itu prodi Ilmu komputasi terus mengupayakan pemenuhan rasio dosen dan mahasiswa sebesar 1:25,” pungkas Deni.-(purel/ risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply